Apa Itu Preventive Maintenance?

Di dunia yang telah berkembang dan pesat akan kehidupan canggih yang serba elektronik dalam menjalankan pekerjaan atau pun rutinitas membuat kebutuhan akan energi listrik menjadi mutlak dan pokok juga selain sandang, papan dan pangan yang disebut – sebut sebagai kebutuhan pokok. Perlu diketahui bahwa setiap peralatan elektronik canggih tersebut mudah rusak jika tidak dijaga dengan baik dan benar, oleh karena itu membutuhkan suatu perawatan tepat dalam merawatnya. Apakah anda tahu istilah perawatan tersebut pada alat – alat listrik? Itu adalah preventive maintenance. Apakah ada yang tahu apa itu dan bagaimana itu? Pada artikel ini akan dijelaskan dengan singkat, padat dan berisi mengenai hal yang berkaitan dengan judul dan topik kali ini.

 

Jika anda ingin mengetahui makna dari pada topik kita ini adalah suatu aktivitas yang mana di dalamnya berisikan oleh berbagai jenis kegiatan lainnya yang terkait dengan perawatan dan penjagaan kondisi suatu alat dengan baik. Jika pada pengecekan tersebut ditemukan cacat pada alat maka kegiatannya jelas untuk memperbaiki dan meminimalkan masa kerusakan dari suatu alat terutama alat – alat listrik. Mengapa perlu dilakukan? Dari sinilah kita bisa mengurangi kerugian saat sedang menggunakan alat tersebut untuk memproduksi sebuah produk, lalu meminimalkan biaya perbaikan sebab sering dilakukan pengecekan dan perbaikan kecil yang tidak membutuhkan dana besar ketika mengalami kerusakan parah dan yang pastinya membuat alat lebih tahan lama dan terjaga kinerjanya. Disamping itu anda juga mengefektikan waktu produksi karena waktu untuk melakukan perawatan jika alat rusak parah telah dihilangkan dengan melakukan pengecekan dan perbaikan rutin.

 

Pada intinya kegiatan preventive maintenance ini harus dilakukan oleh anda semua terhadap peralatan – peralatan yang membutuhkan listrik sebagai penggeraknya karena alat listrik rentan mengalami kerusakan dan biaya perbaikannya mahal jika sudah rusak parah. Oleh sebab itu perlu diminimalisir ancaman tersebut. Demikian, semoga artikel dengan topik dan pembahasan itu bisa memberikan informasi penting kepada anda walaupun hanya singkat dan pendek.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini