Apakah Membersihkan Rumah Termasuk Olahraga?

Rumah bersih tentu menjadi kewajiban kita sebagai pemiliknya. Mungkin beberapa dari kita juga berpikir membersihkan rumah termasuk olahraga. Namun baru-baru ini para peneliti dari Northern Ireland menemukan kalau orang-orang yang hanya melakukan pekerjaan rumah tangga memiliki berat badan lebih tinggi daripada mereka yang benar-benar berolahraga. Peneliti menyebutkan bahwa membersihkan rumah tidak dapat membakar banyak lemak, apalagi bila konsumsi makan juga tetap tidak terkontrol. Sehingga berat badan bukannya menurun, tetapi malah bertambah.

Pendapat lain dilontarkan oleh Richard Cotton dari American College of Sports Medicine yang tidak terlibat dalam penelitian. Menurutnya, jika memang ingin menurunkan berat badan, membersihkan rumah saja tidak cukup. Contohnya, 30 menit menyapu lantai bisa membakar 130 kalori maka bisa dilanjutkan dengan kegiatan 30 menit bersepeda yang sama dengan meluruhkan 400 kalori. Mengontrol asupan makan juga sangat diperlukan. Lebih memperbanyak makanan sehat seperti sayur-sayuran dan yang mengandung vitamin sebagai pengganti makanan yang mengandung karbohidrat.

Namun berbeda dari pendapat peneliti Northern Ireland atau Richard Cotton, para peneliti dari University of Ulster di Irlandia malah berpendapat sebaliknya. Menurut mereka membersihkan rumah layaknya ibu rumah tangga atau pembantu rumah tangga juga termasuk olahraga sehat. Para peneliti menemukan bahwa 42 persen partisipan (46 persen pria, 40 persen wanita) memenuhi kebutuhan aktivitas per pekannya. Dari orang-orang ini, aktivitas fisik berupa membersihkan rumah mencakup 11 hingga 73 persen dari MVPA. Pada akhirnya, aktivitas membersihkan rumah yang dianggap sebagai olahraga yang cukup dan lebih terasa di otot seperti menyapu dan mengepel.

Terlepas dari perbedaan pendapat dari banyak penelitian tersebut, akan lebih baik kita mengambil sikap terbaik untuk menyikapinya. Kebersihan rumah tentu sudah wajib kita jaga, namun olahraga rutin dan menjaga kalori makanan juga jangan sampai dikesampingkan. Alhasil tubuh sehat sekaligus memiliki rumah bersih bisa sama-sama didapat.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini