Ayo Ajarkan Perilaku Hidup Bersih pada Anak Sejak Dini!

Dunia anak adalah bermain

Masa kanak-kanak merupakan sebuah masa dimana bermain adalah kegiatan satu-satunya yang dilakukan seharian. Ya, pada saat anak-anak tentunya anda juga sangat hobi bermain bukan? Jenis permainan yang dilakukan juga bermacam-macam karena anak tersebut akan banyak mengeksplorasi apa saja yang ada disekitarnya. Jadi tidak  heran, jika anak-anak yang pulang sehabis bermain akan tampak kotor karena mungkin saja mereka tadi bermain diatas tanah.

Sebagai orangtua yang baik, kita seharusnya tidak boleh marah kepada anak karena mereka bermain hingga kotor seperti itu. Justru anak harus segera dibimbing dan diajarkan untuk mencuci tangan setelah bermain dengan Sabun Keluarga. Jika dari kecil anak sudah diajari untuk rajin mencuci tangan, maka kebiasaan ini akan ia bawa hingga dewasa.

Apa saja perilaku hidup bersih yang perlu diajarkan pada anak?

Selain cuci tangan, anak perlu diajarkan untuk segera mandi dengan Sabun Keluarga setelah bermain. Anak-anak biasanya malas untuk berlama-lama di kamar mandi. Namun hal ini bisa diatasi dengan memberikannya penjelasan mengenai pentingnya mandi dengan sabun setelah bermain. Katakan pada anak anda bahwa setelah bermain tubuh mereka telah menjadi sarang kuman. Ceritakanlah pula bahwa kuman yang banyak akan membuat si anak sakit. Upaya ini bukanlah sebagai untuk menakut-nakuti anak, namun jadikanlah sebagai upaya edukasi bagi anak.

Jika anak anda sudah agak besar, latihlah mereka untuk  membersihkan rumah dengan cara menyapu atau mengepel lantai. Cara seperti ini juga dapat dikatakan sebagai upaya untuk mengajarkan anak untuk rajin menjaga kebersihan.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini