Bahan Kimia Berbahaya Ini Ada di Shampo

Walaupun kita membutuhkan shampo untuk kebersihan rambut setiap harinya ternyata ada yang perlu di waspadai dari shampo yang kita gunakan. Banyaknya jenis dan merk shampo yang tersebar di supermarket memaksa kita untuk lebih bijak dan lebih teliti memilih shampo mana yang aman dan cocok untuk jenis rambut Anda. Setiap sampo memiliki bahan serta formula yang berbeda-beda tetapi ada juga bahan aktif yang sering kali digunakan dan pasti ada dalam shampo yang kita gunakan. Diantara bahan-bahan serta zat-zat di dalam shampo, ada beberapa bahan yang diklaim berbahaya untuk kesehatan. Walaupun sudah diklaim berbahaya, bahan-bahan ini tetap ada dalam shampo yang kini beredar bebas di pasaran.

Untuk menjaga kesehatan kepala, rambut dan tubuh sebaiknya Anda sangat teliti untuk memilih jenis shampo. Hindari shampo-shampo berbahaya yang memiliki bahan-bahan berbahaya di dalamnya. Bahan-bahan berbahaya yang ada di dalam shampo antara lain sodium lauryl, bahan ini terdapat di shampo padahal bahan ini seringnya digunakan sebagai detergen dan bahan pembersih industri yang tentu saja tidak cocok digunakan bahan campuran untuk shampo rambut. Selanjutnya dietanolamina juga bahan kimia berbahaya yang biasanya terdapat dalam shampo. Zat kimia tersebut ternyata bisa membentuk karsinogenik, dan zat-zat karsinogen tersebut bisa menyebabkan kanker dan juga mampu menganggu proses biologis di dalam tubuh.

Formaldehida, ialah bahan kimia yang biasanya dikenal sebagai urea doazolidinyl yang merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan balsem. Dari situ saja sudah terlihat penyimpangan penggunakan bahan kimia tersebut. Parabens adalah bahan kimia selanjutnya yang ditemukan di dalam shampo. Parabens ini bisa mempengaruhi hormon esterogen yang nantinya akan mempengaruhi keseimbangan dalam tingkat hormon. Dan tentu saja hal tersebut akan menganggu hormon dalam tubuh. Di dalam sampo yang berbahaya, terdapat juga bahan kimia isopropyl alcohol. Bahan ini bisa mengakibatkan sakit kepala, mual, hingga pusing apabila digunakan dengan jumlah yang cukup banyak. Shampo yang seharusnya membersihkan rambut ternyata dapat berubah menjadi sesuatu yang membahayakan untuk tubuh dan rambut Anda.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini