Bingka, Makanan Khas Banjar Yang Membawa Berkah di Bulan Ramadhan

Wadai Bingka, itulah sebutan warga Banjar Kalimantan Selatan untuk kue yang memiliki citarasa khas dan tekstur yang lembut ini, Kue ini dihari-hari biasa tersedia di pasar-pasar tradisional dan warung-warung kopi di Banjarmasin kalo ingin sambil berekreasi  bisa juga ditemukan di PASAR TERAPUNG di daerah Kuin Utara Banjarmasin.

Karena keunikan rasa dan begitu banyak disukai warga banjar kue/wadai Bingka ini sangat pas jika di makan saat berbuka puasa di bulan Ramadhan, dan karena permintaan yang tinggi, tidak sedikit bingka yang memiliki citarasa yang enak harus merogoh kocek yang  agak lumayan untuk mendapatkannya. Memang sih tidak semuanya mahal, hanya orang-orang tertentu yang bisa membuat kue/wadai Bingka dengan rasa yang unik dan tekstur yang lembut, apalagi yang bisa mengkreasikan bingka itu sendiri menjadi berbagai macam jenis seperti Bingka Nyiur (kelapa), Bingka Tapai, Bingka Waluh, Bingka Kentang dan masih banyak lagi yang lain nya.

Untuk Bisnis pun Bingka adalah prospek yang bagus, kamaren saya melihat liputan TransTV tentang seorang Ibu di Banjarmasin yang menekuni bisnis Bingka ini, karena sudah sangat dikenal, Bingka ini permintaannya tinggi sekali, apalagi di Bulan Suci Ramadhan ini. Dengan Harga Rp.30.000  sampai 35.000 rupiah per biji nya, Bingka ini laku hingga 900 biji perharinya. Coba deh hitung sendiri berapa Omzet seharinya… Rp.27.000.000 men….. Luar biasa untuk sebuah bisnis bingka yang resepnya pun pastinya turun temurun dari nenek moyang kita. Wah bisa langsung umrah/naik haji sekeluarga setelah bulan Ramadhan kalo kaya gitu..

Di Bulan Ramadhan seperti sekarang ini Banyak sekali Pasar Kue di Banjarmasin dan di seluruh wilayah Kalimantan Selatan yang disebut PASAR WADAI yang hampir disetiap sudut keramaian ditemukan Pasar Wadai ini, tentunya tidak hanya kue yang dijual disini, tapi terdapat Aneka ragam minuman, masakan untuk berbuka puasa dan sahur.

Nah bagi para pembaca www.bloggerbanua.com jika ingin merasakan Kue Bingka, Ingin Shoping di Pasar Terapung atau ingin cuci mata di Pasar Wadai. Ayo berkujunglah ke Banjarmasin Kalimantan  Selatan.

 

mampir ke blog ku ya http://diarydeni.blogspot.com dan http://deniaryanto.com

3 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar Anda di Sini