Cerdas Memilih Blackberry

Telpon Gratis saat ini menjadi fenomena tersendiri di dunia telekomunikasi. Setelah sempat mengalami kerugian dengan jatuhnya harga smartphone blackberry di pasaran, kini bermunculan blackberry yang dijual dengan harga miring. Ironisnya banyak diantaranya yang ternyata blackberry palsu atau tidak resmi. Hal ini tentu saja merugikan banyak pihak terutama masyarakat yang merasa tertipu dengan kehadiran barang imitasi ini. Namun anehnya sebagian masyarakat terutama masyarakat kelas menengah ke bawah seolah tak memperdulikan kualitas palsu tidaknya blackberry yang mereka beli. Bagi mereka, memiliki ponsel blackberry sudah menjadi kebanggaan tersendiri yang sulit dijelaskan dengan logika.

Telpon Gratis memang banyak macamnya. Berbeda dengan blackberry yang harganya lebih mahal yang memiliki spesifikasi lebih terbatas. Meskipun demikian produsen blackberry semakin mempertimbangkan keadaan pasar dengan mengeluarkan blackberry dengan harga yang lebih terjangkau. Namun tetap saja harga aslinya masih lebih mahal jika dibandingkan dengan blackberry palsu yang beredar di pasaran. Sebagai konsumen, kita seharusnya lebih waspada dalam memilih gadget terutama ketika kita memutuskan untuk membeli hp blackberry. Pengetahuan awam tentang blackberry akan merugikan diri kita sendiri. Karena itu ajaklah teman atau keluarga yang sudah terbiasa memakai blackberry untuk menghindari usaha tipu dari penjual ponsel. Sebelum memilih blackberry, ada baiknya kita mengetahui ciri blackberry resmi dan tidak resmi.

Blackberry resmi mengandung 3 jenis operator seluler besar di Indonesia. Dimana penjualan dan layanan purna jual atau garansi dilakukan oleh ketiga operator tersebut. Jaringan handset yang mereka keluarkan sudah mereka kunci dan hanya bisa dibuka oleh mereka sendiri untuk menjaga keamanan pemilik. Sementara untuk tampilan luarnya akan nampak mulus tanpa logo operator luar negeri. Meskipun harga dari blackberry resmi ini masih relatif mahal, namun keuntungan yang didapat pun dapat terjamin dengan baik.

Blackberry tidak resmi memiliki keamanan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan karena bisa digunakan untuk nomor hp dari operator yang berbeda. Hal ini dikarenakan jaringan handsetnya sudah tidak dikunci lagi (unlocked) yang dijual tanpa kesepakatan dengan pihak operator lokal. Meskipun pengguna merasakan hal ini justru sebagai keuntungan karena bisa berganti-ganti operator, ternyata tindakan ini justru membuat blackberry cepat rusak dan kemungkinan besar tidak dapat digunakan untuk layanan BIS dan layanan blackberry lainnya. Keamanan PIN juga tidak terjamin karena bisa saja dicuri. Jika sudah demikian, hp hanya bisa digunakan untuk telepon dan sms saja layaknya hp CDMA. Tentu hal ini merugikan pengguna kan. Ciri-ciri blackberry tak resmi ini biasanya terdapat logo luar negeri di tampilan luarnya seperti vodafone, TIM, dan lain-lain. Jadi meskipun harganya relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan blackberry resmi yaitu berkisar Rp 700.000 sampai Rp 1.000.000 tetap saja kita harus cermat sebelum memutuskan membelinya.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini