website statistics
Home » Blogging » Eye Catchy dan Social Bookmarks
Eye Catchy dan Social Bookmarks

Eye Catchy dan Social Bookmarks

foto Eye Catchy dan Social Bookmarks   visitor+blog2

Hallo sobat Blogger Banua gimana kabar blog anda ? Masih minim peminat ? Atau sudah tambah ramai pengunjungnya ?

Berbagi posting blog ke social bookmark adalah salah satu trik untuk mendapatkan pengunjung, sebagai blogger anda pasti sudah tau hal ini.

Tapi apakah anda tau, bahwa social bookmark akan lebih efektif bila karakteristik pengunjungnya telah kita pelajari ?

Yap betul, setiap situs social bookmark mempunyai prime time atau peak hour mereka masing masing.

Kita ambil contoh misalnya lintas.me, salah satu situs social bookmark yang populer di kalangan blogger. Lintas.me menurut penelitian yang saya lakukan pribadi, berdasarkan metode trial & error, mengalami peak hour pada jam 08.00 wita dan pada jam 14.00 wita.

Ini berarti, postingan yang anda submit ke lintas.me pada jam jam tersebut akan mendapatkan posisi prime time dan jumlah tayang yang terbanyak. Sebab pada jam jam tersebutlah lintas.me sedang ramai ramainya dikunjungi orang.

Dan menurut riset yang belum bisa saya buktikan kebenarannya, pada jam 08.00 wita tersebut, pengunjung terbanyak adalah di kalangan anak muda / sekolahan dan pekerja kantoran. Kemungkinan mereka sedang mengakses lintas.me dalam perjalanan mereka menuju sekolah dan tempat kerja masing masing.

Sedangkan jam 14.00 wita adalah jamnya para ibu ibu, mungkin pada jam ini mereka sedang santai sambil menyiapkan makan siang untuk para suami dan anak anak mereka.

Kenapa bisa saya berkesimpulan seperti itu ? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena hasil trial dan error tadi. Kebetulan blog yang saya kelola punya beragam artikel yang mengarah ke blog berita/news. Jumlah pengunjung dan jenis artikel lah yang menjadi patokan dalam pengambilan kesimpulan tadi.

Anak muda/ sekolahan suka artikel pengetahuan praktis (gampang di cerna), dan orang kantoran suka berita terbaru buat bahan pembicaraan mereka dengan rekan kantor mereka. Berbeda dengan para ibu ibu yang lebih suka berita soal kuliner, kesehatan dan gossip terbaru.

Peak  hour jam 08.00 wita akan berakhir sekitar 2 jam kemudian, yaitu jam 10.00 wita, sedangkan peak hour jam 14.00 wita akan berakhir sekitar jam 16.00 wita. Akan ada lonjakan lagi pada jam 20.00 wita, namun tidak sebanyak pada jam yang telah saya sebutkan sebelumnya. Jadi, jangan sampai terlewat yaa !

Eye Catchy

Salah satu trik lainnya untuk menarik minat pembaca adalah dengan mempermainkan judul postingan. Saya paham betul, ada sebagian blogger yang memaksakan judul postingan yang sama dengan blog lain karena alasan yang tidak masuk akal, misalnya seperti persaingan di SERP (search engine result page) untuk keywords tertentu.

Pengunjung anda bukan lah robot google, dan ini bukan kontes seo, jadi buanglah semua ego anda untuk persaingan yang tidak masuk akal ini, cobalah bersaing untuk memperebutkan minat pembaca, bukan posisi 1,2,3 dst di search engine.

Misalnya keywords populer saat ini adalah soal badai matahari dan nikita mirzani. Anda bisa saja posting dengan judul Badai Matahari misalnya, namun apa gunanya ? ada puluhan bahkan ratusan postingan dengan judul yang sama sedang melintas di lintas.me. Coba pikirkan sesuatu yang menarik dan berbeda. Sekira anda adalah pembaca, apa yang menarik anda sehingga anda melakukan klik ke postingan A dan bukan ke postingan B, itu yang harus anda pelajari !

Misal, anda bisa tulis judul Nikita Mirzani Meninggal gara gara Badai Matahari. wah ini luar biasa, anda pasti punya ide judul yang lebih eye catchy dibanding judul pilihan saya tadi, tapi saya harap anda tidak terjerumus untuk menuliskan kebohongan, menebar isu dan fitnah ataupun memancing timbulnya gejolak perpecahan. Sebagai Blogger anda harus memiliki prinsip, dan prinsip adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi diri kita.

Dengan menerapkan prinsip eye catchy tersebut, walaupun blog anda berada di halaman 2 atau 3 di pencarian google tidak akan menjadi masalah.

Kesimpulan

1. Cari situs social bookmark yang punya banyak pengunjung (misal jumlah facebook fans yang besar)

2. Pelajari karakteristik pengunjung dan peak hour agar artikel yang anda submit bisa mendapat trafik yang optimal

3. Bantu artikel anda populer dengan menggunakan judul yang eye catchy, yang mengundang rasa penasaran pembaca untuk melakukan klik pada artikel anda.

Selamat mencoba ^^v

8 comments

  1. Lintas rancak erorr wadh lun pas submit malah blank,, jadi hampir kada suah lagi submit2 ke LB / LM keculi pas kontes,, he

  2. lintas me sudah ganti tampilan tuh, submitnya sudah tambah enak,mungkin flash player kam perlu di update..

  3. mantapp…. Lun daftar jua

  4. Lengkap penjelasannya ih, langsung dicoba nah, mudahan kawa berhasil

  5. Akhirnya terbaca juga….

    Langsung ane praktekkan….

  6. belajar menerapkan nah. mudahan jitu…

  7. dapat pencerahan baru…langsung di gawe… terima kasih infonya…

  8. mantab banget. sangat berguna

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

Scroll To Top