Hadapi Diabetes dengan Pola Makan

Menu sehat atau pola makan sehat untuk diabetes. Peyakit diabetes merupakan penyakit metabolisme gula, lemak dan rotein yang disebabkan oleh gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin yang kemudian memicu lonjakan kadar gula darah. Lonjakan kadar gula darah yang terjadi tersebut dapat memicu munculnya berbagai komplikasi akut. Karenanya lonjakan kadar gula darah harus dapat dikurangi agar tidak terus menerus terjadi peningkatan.

 

Salah satu cara untuk menjaga kestabilan kadar gula darah penderita adalah dengan menjaga pola makan. Pola makan diabetes yang dimaksud adalah dengan mengurangi atau bahkan menambah porsi makanan tertentu. Seperti misalnya mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Sementara itu, konsumsi sayuran hijau harus ditambah. Hal ini karena sayuran hijau kaya akan serat yang dapat menghambat peleasan gula ke dalam darah.

 

Kesimpulannya pola makan diabetes melitus yang seharusnya dipahami oleh penderita bukan berarti melarang konsumsi makanan jenis tertentu. Konsumsi makanan yang banyak mengandung gula memang akan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Namun hal ini hanya akan terjadi jika konsumsinya berlebihan. Apalagi terdapat jenis gula alami yang tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Gula alami tersebut adalah gula aren. Menu sehat pun perlu diperhatikan. Karena dengan menu yang sehat juga bisa menstabilkan gula darah. Yuk sama-sama atasi diabetes.

One Comment

Leave a Reply
  1. Pola makan yang sehat memang sangat diperlukan agar terhindar dari penyakit diabetes, apalagi di era yang segalanya perlu cepat maka kontrol makan, minum gaya hidup juga sangat perlu untuk di kontrol.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini