Hindari Kesalahan Membuat Bakso

Bagaimana cara membuat bakso yang baik dan benar? Kesalahan membuat bakso seringkali terjadi hingga kelezatannya pun berkurang. Nah, bagaimanakah cara menghindari kesalahan membuat bakso? Kenali kesalahan yang biasanya sering dilakukan dalam membuat bakso berikut ini:

 

Penggunaan garam

Untuk menghasilkan rasa gurih bakso perlu dibumbui sesuai takaran. Takaran penggunaan garam untuk daging yang ideal yakni 1 sdt garam untuk per 500 gr daging. Kurangi sedikit takaran garam jika anda menggunakan keju asin, seperti parmesan, sebagai campuran adonan.

 

Penggunaan herbal

Untuk cara membuat bakso bergaya Italia maka penggunaan herbal menjadi bahan adonan standar. Jika Anda tidak menambahkan herbal maka rasa bakso akan seperti burger. Perhatikan jenis herbal yang cocok digunakan dalam campuran adonan bakso. Sebaiknya gunakan herbal seperti mint atau oregano untuk campuran adonan. Lebih lanjut lagi tambahkan sejumput pala untuk memperkaya rasa bakso. Sedaangkan peterseli atau kemangi kurang cocok untuk bakso.

 

Penggunaan telur

Perlu diingat telur bukanlah faktor yang melembabkan bakso. Pada campuran adonan bakso, telur berfungsi mengikat daging, remah roti, keju, dan rempah-rempah. Telur yang matang akan membuat bakso menjadi padat dan kenyal. Untuk satu sampai dua kg daging dibutuhkan tidak lebih dari satu atau dua butir telur. Selain itu pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak remah roti. Cukup gunakan sekitar setengah cangkir per 500 gr daging.

 

Mengaduk dengan sendok

Masukan semua bahan semuanya kemudian campur bahan adonan secara bersamaan menggunakan tangan. Sentuhan tangan dapat menyatukan semua bahan adonan itu tanpa menghancurkan daging, karenanya tekstur daging akan  masih terasa.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini