Kakiake Don, Resep Masak Ala Jepang

Kenikmatan kuliner bisa datang dari mana saja, termasuk negeri matahari terbit yang punya masakan bercita rasa khas. Nah, kali ini kami akan berbagi resep masakan sederhana dan mudah jepang yang bisa dicoba di Indonesia. Masakan ini bernama kakiake don yang merupakan nasi campur lezat. Tenang saja, semua bahan yang digunakan halal sehingga umat muslin yang ingin mencobanya tidak perlu khawatir.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

Anda perlu bahan utama, yaitu nasi hangat pulen 400 gram. Kemudian bumbu: tepung terigu berprotein sedang 100 gram, tepung beras 2 sdm, merica bubuk ½ sdt, bawang putih 1 siung yang dilembutkan atau diparut, garam secukupnya, dan kaldu bubuk royco.

Cara memasak:

  • campurkan semua bumbu jadi satu adonan. Beri sedikit royco agar lebih lezat. Tambahkan sayur yang dibuat dari wortel 100 gram dipotong dadu kecil, toge 75 g, daun kol 100 gram diiris tipis, daun bawang dan seledri dipotong kecil-kecil. Setelah itu, campurkan semua adonan menjadi satu.
  • Panaskan minyak dengan api sedang. Tunggu hingga minyaknya panas, kemudian goreng adonan tersebut dengan ukuran satu sendok.
  • Tunggu hingga adonan berwarna kekuningan, kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan hingga semua adonan tersebut habis.
  • Resep masak berikutnya adalah membuat saos shoyu yang berasal dari kecap jepang (tiram) 150 ml, merica bubuk ½ sdt, dan saus barbeque 2 sdm. Campur semua saus ke dalam wadah. Di sisi lain, campurkan 1 sdm tepung maizena dengan sedikit air. Kemudian masukkan ke dalam saus dan panaskan sebentar hingga mengental. Nah, sausnya sudah matang.

Cara Penyajian:

Siapkan mangkuk Jepang, masukkan nasi pulen yang masih panas. Tambahkan dua buah sayuran goreng yang masih hangat tadi di atas nasi pulen. Terakhir, tambahkan saus shoyu yang anda buat di atas adonan dan sayur goreng. Nah, sekarang makanan tersebut siap untuk dinikmati.

Bila anda ingin memasukkan protein ke dalam makanan, bisa ditambahkan bakso atau sosis yang dipotong dadu ke dalam adonan sayur goreng tadi. Agar lebih nikmat, anda juga dapat menaburkan bawang goreng di atas nasi. Cara membuat makanan Jepang ini sangat praktis.

 

Tinggalkan Komentar Anda di Sini