Kue Lebaran, Godaan Terbesar Naiknya Berat Badan Ketika Lebaran

Kue Lebaran, Godaan Terbesar Naiknya Berat Badan Ketika Lebaran

Momen Lebaran menjadi momen yang paling banyak ditunggu oleh para umat muslim di seluruh dunia. Setelah sebulan penuh berpuasa, Lebaran menjadi momen yang indah karena bisa kembali bersantap bahkan keluarga pun berkumpul sehingga semakin memeriahkan suasana dan menambah kenikmatan. Namun bagi Anda yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, maka hal ini tentu lebih sulit lagi karena banyaknya godaan di depan mata mulai dari kue lebaran nan manis, makanan lezat bersantan dan segala jenis makanan lain yang menggoda.

Memang bagi para pejuang diet, Lebaran menjadi momen tantangan untuk mempertahankan berat badan atau justru malah membuat berkilo lemak kembali ke tubuh. Momen bahagia, berkumpul bersama keluarga dan silaturahmi tentu menjadi godaan untuk terus makan dan mencoba berbagai snack di depan Anda. Meski begitu, Anda tetap bisa melewatinya dengan tetap mempertahankan kesungguhan Anda untuk diet yaitu dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Buat target masuk akal
    Jika memang Anda ingin menurunkan berat badan, maka akan lebih sulit dalam pengontrolan kalori ketika Lebaran tiba mengingat godaan yang ada di depan mata. Dalam hal ini ada baiknya jika membuat target baru yaitu dengan mengesampingkan target penurunan berat badan dengan target mempertahankan berat badan. Jangan terlalu ketat ke diri sendiri karena tidak sopan juga jika selalu menolak makanan yang ditawarkan.
  2. Hindari lapar mata
    Selanjutnya adalah dengan menghindari selalu lapar mata mengingat persediaan makanan ketika hari raya sangat melimpah dimana semua makanan bisa dengan mudah ditemukan baik di rumah Anda sendiri, maupun rumah saudara. Untuk menyiasatinya, lebih baik bersilaturahmi dengan waktu yang tidak terlalu lama, atau Anda juga bisa mengisi dengan obrolan sehingga Anda bisa lebih teralihkan.
  3. Berhenti makan ketika sudah kenyang
    Salah satu alasan banyak orang kerap makan berlebihan ketika hari Lebaran adalah karena mengabaikan rasa kenyang di perut. Dalam acara Lebaran, maka Anda akan kerap disuguhi makanan sambil mengobrol dan masih banyak lagi sehingga tanpa Anda sadari ternyata sudah makan banyak sekali kue Lebaran atau makanan lainnya dengan porsi berlebih. Oleh karena itu, pastikan untuk mengenali sinyal kenyang di perut dan segera berhenti bila memang sudah cukup kenyang.
  4. Pilih menu sayur
    Meski memang makanan Lebaran mulai dari opor, ketupat, rendang dan makanan berlemak lainnya sangat menggoda, namun makanan tersebut tidak baik untuk diet Anda. Anda boleh mengambilnya, namun usahakan batasi dengan jumlah yang sedikit dan lebih baik pilih sayuran seperti pecel, sop dan menu lalap lainnya dalam jumlah lebih besar dibanding menu dagingnya.
  5. Hindari bagian lemak
    Makanan ketika hari raya identik dengan olahan daging baik ayam, kambing hingga sapi. Sebetulnya daging juga mengandung banyak nutrisi, namun karena proses memasaknya terkadang membuat daging ini justru menjadi sumber kolesterol dan kalori besar. Untuk meminimalisir nya, Anda bisa memilih menu daging dengan bagian dada sehingga lebih banyak daging dan lemak nya cenderung tidak ada.

Itulah beberapa tips dalam menghadapi Lebaran bagi Anda yang sedang dalam rangka penurunan berat badan. Waspadai juga makanan dan minuman manis mulai dari kue Lebaran, minuman sirup, teh dan lainnya karena akan bisa meningkatkan kalori asupan harian Anda. Jika memungkinkan, lebih baik memilih air putih untuk minumannya.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini