website statistics
Home » Banuaku » Membuka Sungai Masal
Membuka Sungai Masal

Membuka Sungai Masal

foto Membuka Sungai Masal   IMG 03513 300x200Berbondong-bondong pada subuh sekitar pukul 05.00, masyarakat yang sudah mendaftarkan kelompoknya pada pengelola daerah secara beraimai-ramai menuju lokasi pembukaan yaitu sungai kamis. Berbagai orang yang tergabung berasal dari bermacam-macam lapisan masyarakat mulai dari pegawai, petani, pedagang dan juga laki-laki serta perempuan ikut meramaikan acara tersebut. Tidak hanya berasal dari satu desa saja yang dekat dengan lokasi akan tetapi juga ada dari daerah atau desa lain yang mengkutinya. Sebelum berangkat ke lokasi mereka menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang perlu dibawa ke lokasi tersebut yaitu diantaranya adalah hancau, dongring, pisau atau parang, nasi yang sudah dimasak, bumbu-bumbu masak seperti bawang merah, bawang putih, asam serta barang-barang lainnya yang diperlukan sewaktu kegiatan tersebut.

Jalan menuju desa dimana lokasi tersebut berada bisa dijangkau dengan menggunakan alat transportasi sepeda motor, namun dari desa menuju lokasi lebih mudah dengan berjalan kaki. Dari desa menuju lokasi bisa ditempuh sekitar 30 menit hingga 1 jam perjalanan. Lokasi tersebut terletak diantara sawah-sawah dan hutan rawa yang pada waktu itu sedang kering karena di musim kemarau.

foto Membuka Sungai Masal   IMG 0311 200x300Kegiatan membuka sungai masal merupakan kegiatan yang jarang dilakukan oleh masyarakat di hulu sungai daerah kalimantan selatan. Kegiatan ini hanya ada satu tahun sekali sekitar musim kemarau menjelang. Hal ini dikarenakan apabila di musim hujan, air terllalu tinggi dan agak susah untuk mendapatkan ikan-ikan. Membuka sungai secara bersama-sama bertujuan untuk mencari ikan-ikan yang dilakukan dengan cara penangkapan ikan menggunakan hancau atau jaring ikan yang berbentuk segi empat dan di setiap ujung dari bagiannya diikat menjadi satu pada gagang bamboo. Membuka sungai dan menangkap dengan hancau ramai dilakukan oleh masyarakat desa karena mereka bisa berlomba-lomba untuk mendapatkan ikan dengan alat yang sejenis akan tetapi mereka dibatasi di wilayah mana yang sudah ditentukan batasannya.

Untuk lebih lanjut silahkan baca Opening River Mass

Tinggalkan Komentar Anda di Sini