Mengapa Anak Kecil Kerap Susah Tidur?

Orang dulu selalu bilang jika anak rewel atau tidak bisa tidur disebabkan bayi akan bertambah pintar. Mungkin istilah ini memang ada benarnya tetapi harus sesuai dengan dasar ilmunya. Biasanya bayi susah tidur memang dikarenakan ada tahapan perkembangan anak. Bayi selalu berkembang hampir setiap bulan sekali, jadi anda tidak perlu kuatir jika bayi mengalami gangguan dalam tidurnya.Apabila diiringi panas, anda sudah harus sedia thermometer dan parasetamol apabila maksimal sudah mencapai 39 derajat.

Berikut adalah perkembangan anak yang bisa mempengaruhi pola tidurnya :

1.     Kecemasan ditinggal ibunya

Bayi dari umur 6 bulan memang sudah bisa mengenal ibunya, dan apabila ditinggal maka bayi bisa merasakan ketidakhadirannya.Hal tersebut bisa membuat bayi tidak bisa tidur atau rewel. umumya hal tersebut dirasakan pada bayi berumur 12 sampai 18 bulan,jika tidak ada anggota keluarga terdekat di sampingnya maka bayi akan merasa cemas dan tidak bisa tidur.

2.     Gigi tumbuh

Rasa sakit pada saat akan tumbuh gigi membuat bayi susah tidur yang disertai rewel.

3.     Perkembangan saraf motorik

Bayi yang sedang belajar merangkak atau berdiri akan lebih aktif dari sebelumnya. Dengan keaktifannya, bayi akan susah untuk tidur. Biarkan bayi bergerak aktif pada siang hari supaya bayi bisa tidur nyenyak pada malam hari

4.     Suka eksplorasi

Umur batita atau golden age merupakan masa bayi suka bereksplore dan serba ingin tahu.Tahapan ini anak memang lebih aktif dan sukar untuk diajak tidur.Sebaiknya sebelum tidur bayi diberikan mainan yang menarik agar mereka tertarik untuk tidur.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini