Menghilangkan Kebiasaan Hisap Pada Anak

Menurut salah satu terapis di Chicago, kebanyakan anak balita yang memiliki hobi menghisap jari, biasanya jari jempol, sebenarnya ingin berhenti melakukannya. Sayangnya, para balita ini sendiri bingung bagaimana caranya. Sementara itu kadang orang tua menganggap anak tak tahu bahwa kebiasaan yang dilakukannya merupakan kebiasaan buruk.

 

Ada tanda-tanda yang bisa anda lihat pada anak anda, seperti misalnya si anak menduduki tangannya atau memilih menyibukkan dirinya dengan berolahraga atau bermain dengan temannya. Tidak sedikit anak yang tahu bahwa mereka tidak seharusnya menghisap jarinya dan setuju bahwa itu merupakan kebiasaan yang kurang baik untuk dirinya. Tetapi, mereka sudah terbiasa menghisap jari untuk menenangkan dirinya.

 

Jika anda memiliki sang buah hati dengan problem yang sama, berikut cara membantu anak anda agar lepas dari kebiasaannya menghisap jari.

 

Ajak anak untuk menyibukkan dirinya, entah dengan bermain, belajar, atau membantu ibu membersihkan rumah dalam skala kecil seperti merapikan mainannya sendiri. Jika anda melihat jari tersebut akan masuk ke mulut anak, segera lakukan sesuatu, namun jangan memarahinya karena akan membuat si anak makin tertekan.

 

Cari hal yang bisa menggantinya. Misalnya, tiap anda melihat anak balita anda mulai menghisap jarinya, ajak ia bermain atau berikan makanan seperti permen yang mengalihkan mulutnya dari menghisap jarinya sendiri. Dengan begitu perlahan anak akan terlepas dari kebiasaannya menghisap jari.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini