Mengunjungi Orangutan di Camp Leakey

Mengunjungi Orangutan di Camp Leakey

Terletak di pedalaman Kalimantan, Camp Leakey hanya bisa dicapai dengan menggunakan speedboat, atau perahu lebih besar yang disebut “klotok” oleh warga setempat. Menurut http://www.burufly.com/ menggunakan klotok adalah cara terbaik untuk meresapi keindahan alam sekitar, karena perjalanannya sendiri sama mengagumkannya dengan tujuannya. Perahu bertingkat dua ini dilengkapi dengan area tidur, makan, dapur, serta kamar mandi. Diawaki oleh seorang kapten, pemandu, dan juru masak yang menyediakan hidangan lezat tiga kali sehari, perjalanan menuju Camp Leakey memakan waktu sekitar tiga setengah jam dari Pelabuhan Kumai. Dua jam pertama akan dihabiskan untuk menelusuri Sungai Sekonyer yang tepiannya dipenuhi pohon Nipah.

Mendekati Camp Leakey, berputar haluan ke kanan menuju Tanjung Puting tempat cagar alam berada, warna sungainya mendadak berubah menjadi cokelat kemerah-merahan. Hal ini disebabkan akar pohon-pohon di sepanjang sungai yang menghasilkan zat samak. Tumbuhan di sekitar juga berubah, kini disekitar Anda dipenuhi tumbuhan bakau, pohon ulin, cendana, dan meranti yang menjulang tinggi. Seraya mengarungi sungai, Anda bisa melihat bekantan, monyet, dan tupai yang melompat dari pohon ke pohon. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat buaya yang mengapung diheningnya permukaan sungai. Anda akan tahu telah tiba di tujuan ketika mendengar suara orangutan yang khas.

Setelah tiba di Camp Leakey, Anda disarankan untuk tidak lebih dulu menyentuh orangutan, biarkanlah mereka menyambut Anda terlebih dulu dengan tepukan – perasaan bahwa Anda melakukan kontak dengan mereka sangatlah bernilai. Lemah-lembut, cerdas, dan penuh kasih sayang, orangutan diketahui hidup damai di antara sesama mereka. Sesekali mereka keluar untuk berkumpul di pos pemberian makan, tempat para petugas membawakan pisang dan susu kental yang dicampur air. Camp Leakey memiliki peraturan ketat mengenai pembuangan sampah dan hal ini sangat membantu dalam menjaga orangutan tetap sehat.

Sumber artikel: http://www.burufly.com/destinations/camp-leakey/

Tinggalkan Komentar Anda di Sini