Menjadi Tim Relawan Banjir

Dampak banjir yang saya khawatirkan terjadi pada suatu kawasan adalah menjadi penyebab diare. Terutama bagi anak-anak karena mereka rentan terhadap penyakit. Ketika hujan turun dengan lebat atau berita banjir terdengar melalui media massa, hal itulah yang saya khawatirkan. Banjir memang bisa surut dalam semalam, tapi dampak yang ditinggalkannya bisa berkepanjangan. Masalahnya banjir sangat erat kaitannya dengan kebersihan. Apalagi jika korban banjir harus sampai mengungsi atau bisa dibilang banjir yang terjadi cukup parah, kebersihan dan masalah sanitasi akan menjadi persoalan utama.

 

Maka dari itu sebagai relawan hal utama yang harus saya dapatkan bagi korban banjir adalah pasokan air bersih. Jangan sampai anak-anak atau pun warga mengkonsumsi minuman yang tidak jelas asalnya. Selain itu makanan juga perlu untuk diperhatikan, karena gizi yang baik akan menghindarkan kita dari penyakit seekstrim apapun kondisinya. Setelah itu tentu saja pakaian bersih. Menggunakan pakaian yang kotor atau basah akan sama saja dengan mengundang penyakit. Dengan begitu korban banjir akan diajuhkan dari berbagai penyakit dan juga penyebab diare.

 

Diare memang menjadi salah satu perhatian saya sebagai tim relawan khususnya. Karena penyakit tersebut adalah dampak penyakit yang paling sering dijumpai pada korban banjir. Dan hal itu tidak bisa disepelekan karena diare yang parah atau tidak ketahuan bisa berujung hingga kematian. Tapi semoga itu tidak terjadi lagi, dan saya sebagai tim relawan khususnya akan senantiasa waspada ketika banjir terjadi.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini