Nikmatnya Kuliner di Pecenongan

Pecenongan adalah satu diantara berbagai daerah yang menjadi pusat kuliner Jakarta. Tempat yang menyajikan banyak makanan lainnya di Jakarat terdapat di Jalan Sabang, Bendungan Hilir, Blok M, dan lainnya, Tetapi ada yang khas dengan Pecenongan. Kawasan tersebut telah ternama sebagai pusat kuliner sejak tahun 70an, terutama untuk kuliner malamnya. Salah satu pedagang di Pecenongan, Purnomo mengatakan kuliner malam di kawasan ini didominasi oleh warung-warung tenda yang membuka lapaknya mulai jam 5 sore hingga sekitar jam 3 atau 4 dini hari. Jadi bisa dibilang, semakin malam kawasan ini semakin hidup.

 

Menurutnya pengunjung yang datang kebanyakan adalah turis asing yang singgah di Jakarta. Sementara untuk jenis kuliner yang dijajakan terlihat masakan laut adalah yang paling populer dijual. Salah satunya warung tenda “Seafood 88 Chinese Food”. Pada warung tenda ini disediakan beragam olahan laut seperti kerang kepiting, udang dan cumi-cumi. Yang menjadi salah satu menu andalan mereka adalah kerang dara rebus. Kerang dara rebus bentuknya kecil-kecil dan untuk menyantapnya kita harus mencungkilnya dengan menggunakan tusuk gigi, karena daging kerang terselip diantara cangkangnya.

 

Selain kerang ada juga kepiting saus tiram. Untuk menyantap kepiting ini tentu saja anda harus untuk mengeluarkan tenaga ekstra. Tetapi memilah-milah daging kepiting di antara kerasnya cangkang kepiting justru menjadi kenikmatan tersendiri.

 

Terakhir, tidak lengkap jika itu semua tidak dibarengi dengan menyantap sayur. Sayur yang disajikan disana tentu saja ditambahkan dengan olahan hidangan laut. Misalnya kangkung seafood yang berisi cumi-cumi dengan potongan besar-besar, ditambah juga dengan udang kecil sebagai pelengkap. Nah, maka dari itu jika anda ingin menikmati sedapnya kuliner Jakarta di malam hari, sebaiknya anda mampir ke Pecenongan.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini