website statistics
Home » Tutorial » Panduan Posting di Blogger Banua
Panduan Posting di Blogger Banua

Panduan Posting di Blogger Banua

Hay hay, ketemu lagi dengan saia nan ganteng + unyu unyu..

Kali ini saia akan beri panduan singkat, padat (seperti body saia) dan lengkap (bo’ong), tentang Gimana Sih Cara Posting yang benar di Blogger Banua ?

foto Panduan Posting di Blogger Banua   Blog PostingBerbeda dengan Blog Engine semisal Blogspot, Blogger Banua menggunakan Engine WordPress Self Host. Ada beberapa perbedaan dan aturan yang harus di taati saat ingin melakukan posting menggunakan Engine WordPress Self Host ini (#ribet)

1. Kategori

Blogger Banua melakukan pengelompokan posting artikel berdasarkan Kategori (Category), ini artinya anda harus memilih satu diantara sedikit kategory yang telah tersedia di panel kanan. Para Admin sepakat untuk menetapkan fatwa Makruh bila anda menambahkan Kategori Baru diluar kategori yang telah tersedia.

Lagipula, tampilan homepage dari blogger banua sudah di set berdasarkan kategori yang telah ditentukan sebelumnya. Kemungkinan besar, postingan anda tidak akan muncul di halaman depan apabila anda menggunakan kategori yang baru.

Oh iya, terakhir dan yang paling penting, Cukup Gunakan 1 Kategori Untuk 1 Postingan, tentukan pilihan anda dengan cermat !

foto Panduan Posting di Blogger Banua   Wordpress Category

2. Tags

Tags berfungsi sebagai kata kunci dari postingan anda, dan nantinya secara otomatis akan menjadi meta keywords postingan milik anda. So, berhati hatilah memilih tags yang tepat. Memasukkan tags yang tidak relevan dengan postingan (tidak menggunakan kata/keywords yang terdapat dalam postingan) atau melakukan spam tags dengan keywords yang sama secara berulang, sedikit banyak akan memperburuk nilai postingan anda di mata search engine.

Berbeda dengan kategori, anda bisa menambahkan Tags sebanyak yang anda suka, rekomendasi dari saya adalah maksimal sebanyak 15 Tags saja.

foto Panduan Posting di Blogger Banua   Tags

3. Featured Image

Featured image berfungsi sebagai Image unggulan yang akan dipergunakan oleh Engine WordPress saat menampilkan thumbnail beserta postingan anda di halaman depan / home page.

Bila suatu saat anda iri sama teman di samping yang punya thumbnail di atas judul postingan. Ada baiknya anda lengkapi Featured Image ini terlebih dahulu.

Klik Set Featured Image yang ada di sidebar kanan dari area posting anda.

foto Panduan Posting di Blogger Banua   Featured Image 1

Pilih Gallery dan klik Show pada image yang anda pilih

foto Panduan Posting di Blogger Banua   Featured Image 2

Klik Use as Featured Image dan tunggu proses saving nya selesai. Kalau sudah selesai, silahkan klik tombol X untuk mengakhiri.

foto Panduan Posting di Blogger Banua   Featured Image 3

4. Fasilitas Featured Post (Bawaan Theme/Template)

Nah, feature yang ini khusus untuk yang level narsisnya udah kelewat takaran.  Anda bisa menampilkan posting anda ke Featured Slide Show yang ada di kiri atas Home Page Blogger Banua.

Caranya ? Gampang koq, perhatikan Menu Custome Fields yang ada di bagian bawah dari area edit posting. Klik Enter New -> Isikan Name: Featured -> dan isikan Value: 1 -> Simpang settingan anda dengan mengklik tombol Add Custom Field.

foto Panduan Posting di Blogger Banua   Custome Fields

5. User Profile: http://www.bloggerbanua.com/profile/

Mohon lengkapi data diri (bio), url (blog pribadi) dan lain lain yang diperlukan, agar anda bisa lebih narsis lagi di Blog nya Blogger Banua !

Lagipula fasilitas ini disediakan agar posting yang anda lakukan di Blogger Banua bisa punya linkback ke Blog Pribadi anda masing masing.

6. Menu Login / Create Account

Bagi member dan calon member, anda bisa gunakan menu yang ada di kiri atas Home Page Blogger Banua.

Bagi yang sudah daftar namun belum punya hak untuk posting, silahkan kirim e-mail ke ebokalsel1978 at gmail dot com

dengan Subject: Registrasi Blogger Banua, dan sertakan username/e-mail yang anda gunakan untuk mendaftar.

Catatan: Registrasi membership Blog Blogger Banua ini hanyar diperuntukkan bagi member yang sudah terdaftar di Facebook Group Blogger Banua.

Salam Blogger Banua !

p/s: Akan ditambahkan bila diperlukan

13 comments

  1. siap, bingung masukkan kategori banarae bang,,hehe,, jadi yang berkaitan ane ceklist deh,,hhehehe,,, 3 kategori berkaitan jadi ketiganya di ceklich,,wkwkwkwkk,,,, ampun bang ebo yang gagah,,, :P

  2. Nah,, maka lun katuju maulah post yang kategorinya banyak2,,,wkwkw

    ^_^

  3. Mantef banar julakkai…hahhayyy

  4. kada dapat nah featured field nx

  5. sip nah….bagus banar buat panduan yang belum mahir kaya kita nich heheh

  6. masalah kategori, register baru sbg author saja, jdi ga bisa nambah kategori, Gan’ae…

  7. ada kah yg handak join di blog ku ne yooo!! share denganku yooo!!!

  8. Handak jua nah posting di sini…. coba dulu nah

  9. nah ada skali kakawanan urang banua dsni ,,, 

    slam knal ae 

  10. waaahhh mau ikutan nge-blog di sini jg nih..
    tapii… msh ga tau gmana caranya

Tinggalkan Komentar Anda di Sini