Pentingnya Membawa Bekal Makanan ke Sekolah

Makan bekal alternatif makanan sehat untuk si anak aktif. Banyak kasus keracunan makanan, anak menderita cacingan dan penyakit gangguan seperti diare disebabkan oleh konsumsi makanan jajan tidak sehat. Kontrol orang tua harus dilakukan terhadap kebiasaan makan anak. Mengingat usia anak sekolah antara 6-12 tahun adalah masa pertumbuhan, di sisi lain anak belum punya cukup pengetahuan untuk memilih makanan bagi dirinya. Peran orang tua sangat penting agar tumbuh kembang anak optimal dan si buah hati terhindar dari penyakit akibat makanan yang tidak sehat.

Membekali anak ke sekolah dengan makanan merupakan tindakan bijaksana. Selain mencukupi kebutuhan gizi, bekal makanan merupakan cara menghindari jajanan yang belum tentu sehat. Makanan bekal dapat berupa snack atau makanan lengkap dalam porsi kecil. Kandungan gizi makanan bekal sebaiknya sekitar 300 kal, 5-7 g protein.

Makanan bekal juga harus mengenyangkan. Rasa kenyang bisa dipenuhi dari unsur karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, pasta atau mie. Jangan lupa membekali anak buah dan minuman, baik berupa air putih, susu atau jus. Ini penting agar semua kebutuhan nutrisi anak terpenuhi

Agar makanan sehat ini disukai oleh anak, perhatikan 3 tips di bawah ini

1.      Diskusikan makanan tersebut dengan si anak. Libatkan dalam memilih makanan

2.      Hias makanan tersebut agar terlihat lebih cantik

3.      Variasikan makanan agar anak tidak bosan

Tinggalkan Komentar Anda di Sini