Penyebab Diaper Rash pada Bayi!

Diaper rash lebih dikenal dengan istilah ruam popok, merupakan keadaan kulit yang kemerahan pada kulit bayi. Kondisi ini terjadi pada bagian sekitar daerah genital bayi anda, dan membuat bayi dalam kondisi kurang nyaman. Sebab menimbulkan rasa gatal disertai panas, yang tentunya menjadikan bayi anda kurang tenang dan rewel. Hal ini kerap terjadi pada bayi yang sering menggunakan popok sekali pakai.

Iritasi pada bayi ini tentunya tidak terjadi begitu saja, sebab tidak semua bayi yang menggunakan popok sekali pakai terserang ruam popok. Lantas, apa saja penyebab masalah ini? Jawabannya ialah:

  1. Kulit bayi berada pada kondisi yang terlalu lembab,
  2. Adanya kontak langsung yang terlalu lama dengan urin atau tinja,
  3. Adanya sisa kotoran yang tidak bersih maksimal saat mengganti popok,
  4. Kulit bayi yang cenderung sensitif.

Ketika ruam popok terjadi, bisa disebabkan anda kurang rajin dalam mengganti popoknya.

Agar diaper rash tidak menyerang kulit buah hati anda sebaiknya jaga kebersihan bayi secara optimal. Atur waktu penggantian popok secra teratur, jangan menunggu hingga popok sudah basah kuyup atau hingga bayi buang air besar. Kulit yang terjaga kebersihannya akan terjaga tetap kering sehingga tidak akan terserang ruam popok. Bayi anda akan terus aktif dan merasa nyaman, anda pun akan turut senang bukan?

Tinggalkan Komentar Anda di Sini