Persiapan Senam untuk Ibu Mengandung

Kecemasan akan proses persalinan bagi sebagian besar ibu hamil merupakan hal yang sangat wajar, tetapi tentu ibu hamil tidak bisa terus menerus terpaku pada ketakutan terhadap proses persalinan yang sering dikatakan sangat menyiksa dan menyakitkan. Kekhawatiran yang berlebihan tidak diperlukan sama sekali karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit selama persalinan. Salah satu langkah yang sebaiknya dilakukan oleh para ibu hamil terutama dengan usia kandungan lebih dari enam bulan adalah senam hamil. Berbagai manfaat bisa didapat dari senam ini, tetapi ibu hamil harus memastikan bahwa gerakan yang dilakukan benar dengan persiapan yang benar pula.

Sebelum Senam

Ada berbagai gerakan senam yang cocok dilakukan untuk ibu hamil. Namun, senam hamil bisa dilakukan sendiri oleh ibu hamil di rumah maupun dilakukan dengan bimbingan dari instruktur senam. Namun, sebelum melakukan gerakan senam secara rutin, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi dengan bodan atau dokter kandungan agar rutinitas ini tidak akan membawa dampak buruk bagi ibu maupun janin.

Persiapan

Beberapa persiapan harus dilakukan oleh ibu hamil agar keamanan dan keselamatan ibu hamil dan janin bisa dijaga selama senam. Ibu hamil bisa menyiapkan matras atau bantal untuk mengurango tekanan antara tubuh dan lantai yang keras. Pemanasan ringan juga perlu dilakukan dengan cara memutar leher, mematahkan leher ke arah samping kanan dan kiri, memutar tangan, memutar pinggul, dan lain-lain dengan gerakan ringan.

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar Anda di Sini