Pesan Tiket Kereta Api Lewat Online? Pahami Dulu Caranya!

Pesan Tiket Kereta Api Lewat Online? Pahami Dulu Caranya!

Kereta api kini menjadi salah satu moda transportasi yang banyak disukai oleh masyarakat. Hal ini lantaran tiket kereta api biasa dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan tiket pesawat. Selain itu ketersediaan rute dan kursi yang kini cukup banyak pun memudahkan banyak orang dalam melakukan pemesanan. Kini pesan tiket kereta api juga tidak hanya bisa dilakukan secara manual, namun bisa juga secara online sehingga memudahkan para penumpangnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, PT KAI pun terus berusaha untuk bisa memperbaiki layanan terhadap para pelanggannya. Terbukti dengan hadirnya pemesanan tiket secara online yang kini bisa dilakukan dengan mudah. Dengan adanya pemesanan secara online ini juga bisa mengurangi risiko penumpang untuk menggunakan jasa calo. Namun masih banyak juga penumpang yang belum tahu terkait cara pesan tiket kereta api online ini sehingga tak jarang banyak kebingungan yang kerap dijumpai. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tahapan dalam memesan tiket kereta secara online:

  1. Buka situs PTKAI
    Langkah pertama adalah dengan membuka situs resmi dari PT KAI yaitu https://tiket.kereta-api.co.id/ . Selanjutnya, Anda pilih menu Reservasi Tiket di bagian atas. Setelah diklik, Anda akan bisa melihat pilihan menu tanggal rencana perjalanan yang akan Anda pilih. Pilihlah stasiun kereta mana Anda akan pergi dan stasiun mana tujuan Anda. Menyenangkan lagi dimana Anda akan bisa mendapatkan gratis tiket untuk anak yang masih berusia di bawah 3 tahun. Hal ini akan memberikan kemudahan dan lebih murah jika ingin bepergian dengan anak atau keponakan Anda.
  2. Cek harga
    Selanjutnya lakukan pengecekan harga dengan menyesuaikan kelas yang akan dipilih. Dari menu tersebut nanti juga akan terlihat kursi yang tersisa. Segera klik Booking jika memang Anda sudah yakin dengan pilihan.
  3. Konfirmasi pesanan
    Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk pemesanan tiket untuk bisa memeriksa kembali terkait data yang telah Anda masukkan. Hal ini bisa mencegah kesalahan dalam pemasukan data yang dilakukan sejak tadi. Setelah semua dirasa benar, centang kotak kecil di bagian bawah yang berarti Anda setuju akan semua aturannya dan klik Lanjutkan.
  4. Isikan data penumpang
    Isi semua data penumpang dengan benar pada kolom yang sudah disediakan. Data tersebut harus bisa disesuaikan dengan kartu identitas karena nantinya akan diperiksa pihak petugas. Jika Anda membawa anak-anak, Anda bisa mencantumkan NIK yang ada pada Kartu Keluarga. Setelah semua dirasa tepat, lanjutkan dengan klik Selanjutnya.
  5. Periksa kembali semua data dan pembayaran
    Di halaman selanjutnya, Anda akan bisa memeriksa terkait informasi yang sudah dimasukkan sebelumnya. Anda juga bisa mengganti tempat duduk sesuai yang diinginkan. Setelah itu, catatlah kode pembayaran yang muncul untuk kebutuhan pembayaran dan lakukan pembayaran dengan metode pilihan Anda seperti ATM, kartu kredit dan pilihan lainnya. Simpan struk pembayaran sebagai bukti nantinya.
  6. Cetak tiket
    Setelah semua proses tersebut dilalui, kini tinggal mencetak tiketnya. Anda bisa langsung menuju ke mesin cetak tiket khusus dan masukkan kode pemesanannya lalu tiket pun akan tercetak dengan mudah.

Itulah tahapan dalam pesan tiket kereta api secara online. Cukup ikuti semua tahapan dan instruksi jelas yang ada di situs tersebut, maka Anda akan merasa mudah memesannya. Hindari calo dan lakukan pemesanan tiket sekarang juga.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini