Pilek atau Influenza?

Penyebab flu dan pilek kurang lebih sama. Keduanya hadir karena kekebalan tubuh yang sedang melemah. Namun, penyakit flu mempunyai pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan pilek. Inilah sebabnya jika anda sakit flu anda merasa sangat lelah dan tubuh menjadi lemah karena harus berjuang lebih kuat untuk mengalahkan virus yang masuk. Anda perlu memiliki sistem imunitas lebih besar untuk bisa sembuh dari penyakit flu, dibandingkan saat anda terkena penyakit pilek biasa.

 

Selain rasa lelah, gejala flu yang biasanya hadir adalah demam, sakit tenggorokan, pusing, batuk, hidung mengeluarkan ingus, dan sakit badan. Gejala flu sering kali muncul secara tiba-tiba dan bersamaan. Sementara itu, gejala pilek hanya berupa nyeri menelan selama 1 atau 2 hari, bersin-bersin dan hidung yang mengeluarkan ingus. Lamanya sakit flu ataupun pilek kurang lebih sama, antara 5 hingga 10 hari, tergantung pada kekebalan tubuh pasien. Tetapi, gejala pilek yang muncul secara bertahap biasanya memperpanjang lamanya waktu sakit.

 

Penyebab flu dan pilek berasal dari virus yang berbeda, maka dari itu penanganannya harus berbeda pula. Flu memerlukan penanganan yang lebih serius karena bisa mengarah ke penyakit yang lebih berbahaya seperti flu babi, flu burung, atau pneumonia. Jadi, karena gejalanya hampir sama, perbanyaklah informasi anda mengenai penyakit flu dan pilek agar anda bisa mengambil tindakan yang tepat untuk masing-masing penyakit. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini