Power Plant Tenaga Sampah

Wacana penggunaan sampah non organik sebagai Power Plant telah banyak didengungkan sejak jauh-jauh hari. Namun proses ini memang masih belum berjalan secara optimal mengingat banyak kendala yang dihadapi. Secara teoritisnya, proses ini sebenarnya sangat baik untuk diterapkan Karena mampu mengatasi suatu permasalahan dengan memberikan manfaat yang besar.

 

Sampah yang menumpuk menjadi masalah di kebanyakan kota besar. Jika dibiarkan dan hanya terus dipindahkan dari TPS (Tempat Pemungutan Sampah) ke TPS lainnya tidak menyelesaikan masalah. Sampah non organik hanya dapat musnah jika dengan membakarnya. Pembakaran sampah non organik ini mampu menghasilkan kalor yang cukup banyak yang dapat menjalankan sebuah pembangkit energi. sayang rasanya jika panas yang dihasilkan menguap begitu saja di udara.

 

Pengkajian kembali sampah sebagai salah satu bahan pembangkit listrik tampaknya perlu didengungkan kembali. Proyek ini dapat menjadi terobosan baru yang praktis dalam menghadapi sampah yang semakin meluas. Penanganan sampah yang tidak tepat justru akan menimbulkan masalah baru seperti penyakit, kerusakan lingkungan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, proses penanganan sampah perlu menjadi visi penting dari suatu pemerintahan.

 

Fakta bahwa kita perlu jenis tenaga Power Plant yang baru juga terlihat dari semakin menipisnya cadangan minyak bumi dunia sehingga kita tidak dapat lagi mengandalkannya. Satu-satunya adalah dengan mencari tenaga alternatif. Tenaga alternatif ini sebisa mungkin berasal dari barang-barang yang tidak digunakan dan banyak tersedia di alam.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini