Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang

Berbicara tentang kuliner memang tak pernah ada habisnya. Apalagi jika berkaitan dengan kuliner khas sebuah daerah. Rendang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Padang. Hebatnya lagi, makanan yang identik dengan rasa pedasnya ini sempat dinobatkan menjadi makanan terenak sedunia. Rendang biasanya terbuat dari daging sapi, walaupun sebenarnya membuat rendang bisa menggunakan daging apa saja. Namun, kali ini akan dibahas tentang rahasia resep rendang daging sapi khas Padang yang lezat.

Letak kelezatan dari sosok rendang ini terletak dari kombinasi akan rempah-rempah khas Indonesia seperti lengkuas, kunir, bawang merah, bawang putih, serai, lombok dan lainnya. Selain itu jangan lupa bumbu satu ini yang membuat rasa rendang semakin nendang, yaitu santan. Dengan santan ini, maka masakan rendang akan terasa sangat gurih di lidah.

Rahasia lainnya agar resep rendang daging sapi semakin lezat adalah tekstur dari daging sapi itu sendiri. Agar menambah kenikmatan ketika menyantap rendang, jangan lupa untuk selalu mem-presto daging sapi terlebih dahulu agar tekstur daging menjadi lembut dan tidak alot. Jika rendang sudah siap, maka jangan ketinggalan untuk menyajikan sayur untuk menyeimbangi kolesterol akibat daging sapi tersebut. Biasanya rendang cocok disajikan dengan lalapan daun ubi. Membuat lalapan daun ubi ini cukup sederhana. Setelah daun ubi dipotong, rebus daun ubi dan beri sedikit bumbu seperti garam dan bawang putih ke dalam air rebusan, kemudia disaring hingga daun kering. Makan makanan khas Pulau Sumatra rasanya tak lengkap bila tak disajikan menggunakan sambal. Untuk makanan khas Padang, termasuk rendang, cocok disajikan dengan sambal hijau. Sambal ini menggunakan cabai yang berwarna hijau saja. Dan cara membuat sambal ini pun mudah. Tak jauh berbeda dengan membuat sambal pada umumnya. Namun bagi Anda yang tak doyan pedas, Anda dapat menambahkan Kecap Manis Bango pada sajian rendang Anda karena kandungan kedelai hitam alami dan gula kelapanya bermanfaat untuk menetralisir rasa pedas pada lidah Anda tanpa mengurangi kelezatan dari rendang itu sendiri. Selamat mencoba!

One Comment

Leave a Reply
  1. kelihatannya rasanya enak dan saya memang sangat menyukai sekali daging rendang yang ada di beberapa restoran padang. mungkin saya harus mencoba membuatnya dengan resep yang telah anda berikan. terima kasih

Tinggalkan Komentar Anda di Sini