Sasirangan Sebagai Identitas Budaya Banjar

Mungkin kita pernah dan sering melihat dari jenis-jenis motif kain yang dibuat dengan kreatifas tangan. Di berbagai bagian dunia banyak suku-suku yang mengaprisiasikan kreatifitas mereka dalam bentuk motif-motif kain dan tenunan. Misalnya Zanshi weaving dan boro dari jepang, Sampot dari Cambodia, Huipil dari mexico, batik dari suku jawa di pulau jawa dan lain-lain. Kreatifitas dari motif-motif kain tersebut mengandung unsur seni dan juga filosofi tinggi dari pembuatnya yang merupakan menjadi bentuk indentitas daerah mereka.

Pada suku Banjar, motif kain yang merupakan hasil kreatifitas masyarakat disebut dengan sasirangan. Sasirangan adalah kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan, yang dibuat dengan cara tusuk jelujur kemudian diikat tali rafia dan selanjutnya dicelupkan ke dalam pewarna. Sehingga ikatan tersebut menghasilkan motif-motif tertentu.

lengkapnya silahkan baca Trips in Borneo

10 Comments

Leave a Reply
    • Makasih sob 🙂 Sudah selayaknya generasi muda seperti kita (tidak terlepas juga generasi yang lain) patut untuk lebih mengenal dan menghargai produk dalam negeri walaupun satu sisi kita patut juga membuka diri untuk mengenal budaya atau tradisi lain.

    • heheh…wahini kawa ja lagi kita makai sasirangan, banyak sudah yang jual sarirangan dengan macam2 jenis. heheh Kayapa yead misalnya kita bikin baju sasirangan yang khas blogger banua?

  1. negara kita memang terdapat banyak sekali seni dan budaya, tinggal kita bisa melestarikn nya apa tidak.biar budaya dan seni indonesia bisa berkembang untuk kedepannya..maju indonesiaku jgn hanya berkembang..!

    • Benar sekali Campor Bawor, negara kita termasuk negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Patut warga negara termasuk di dalamnya generasi bangsa untuk ikut memajukan dan melestarikan Budaya dan Tradisi yang baik demi kemajuan bangsa. Salam 🙂

    • Arif: harga sasirangan bergantung pada bahan/jenis kain ada katun, semi sutra dan sutra (yang agak mahal). Nukar kalau banyak bisa murah bisa cari di daerah Banjarmasin yang banyak produksi sasirangannya. Salam 🙂

Tinggalkan Komentar Anda di Sini