website statistics
Home » Kesehatan » STEREOGRAM: Menguji Kesehatan Mata Dengan Gambar 3D
STEREOGRAM: Menguji Kesehatan Mata Dengan Gambar 3D

STEREOGRAM: Menguji Kesehatan Mata Dengan Gambar 3D

Waktu saya masih duduk di bangku SMP, saya pernah diperkenalkan dengan istilah akomodasi mata, yaitu kemampuan lensa mata untuk merubah fokus objek yang masuk ke retina. Benda akan nampak jelas jika bayangan jatuh tepat pada permukaan Retina. Kemampuan akomodasi lensa mata sangat memegang peranan penting dalam mendapatkan memfokuskan bayangan pada retina, sehingga objek yang dilihat akan teridentifikasi dengan jelas oleh respon otak.

Penyakit Rabun Jauh (Miopia), atau Rabun Dekat (Hipermintropia) dan bahkan gabungan dari keduanya (Presbiopia) sebenarnya disebabkan oleh melemahnya daya akomodasi pada lensa mata, dimana lensa mata tidak bisa memfokuskan bayangan tepat pada Retina, sehingga objek tidak bisa diidentifikasi secara jelas oleh sensor otak.

Pada artikel saya kali ini, saya ingin mengajak anda untuk menguji kemampuan daya akomodasi mata anda dengan mencari objek 3D yang tersembunyi pada contoh gambar di bawah ini…!!!

foto STEREOGRAM: Menguji Kesehatan Mata Dengan Gambar 3D   stereogram

Dilihat sekilas, gambar tersebut hanya gambar biasa, ada langit, gunung, batu, pepohonan dan tanah. Namun sebenarnya ada sebuah objek 3D yang tersembunyi di balik gambar tersebut. Anda hanya akan bisa melihat objek tersembunyi pada gambar tersebut, apabila daya akomodasi mata anda masih berfungsi dengan baik. foto STEREOGRAM: Menguji Kesehatan Mata Dengan Gambar 3D   icon lol

Gambar yang memiliki objek tersembunyi seperti di atas, biasa dikenal dengan istilah STEREOGRAM, yaitu sepasang gambar 2D stereo yang memiliki tingkat kedalaman yang berbeda. Kemampuan akomodasi mata anda sangat berperan dalam upaya menemukan objek dalam gambar-gambar stereogram seperti di atas.

2 comments

  1. ooh begitu yah…

    baru tau tentang STEREOGRAM nih…
    trimakasih mas… :)

  2. gambar 2 burung purba satu menghadap ke atas, satu menghadap ke bawah

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

Scroll To Top