Sumber Energi Alternatif yang Paling Efektif

Energi alternatif banyak digunakan untuk menggantikan energi alam yang semakin berkurang ketersediaannya. Contohnya adalah bahan bakar dari fosil yang ketersediaannya di bumi sudah mulai menipis. Bahan bakar dari fosil memang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.  Maka dari itu banyak orang yang sudah mulai memanfaatkan energi lain yang ada di alam sekitar yang lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh sumber energi pengganti yang efektif :

  1. Cahaya Matahari

Matahari memiliki energi kalor dan energi cahaya.Energi kalor atau energi panas dari matahari dapat digunakan untuk fotosintesis tumbuhan, mengeringkan pakaian, dan lain sebagainya.Jadi energi matahari merupakan sumber energi terbesar bagi siapa saja. Selain itu panas yang dipancarkan dari matahari dapat digunakan sebagai pemanas air. Hal tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan panel surya yang terbuat dari logam hitam berupa lempengan dan dihubungkan dengan pipa. Lempengan logam tersebut berfungsi untuk memindahkan panas matahari ke pipa yang berisi air. Selain itu matahari juga bisa menghasilkan listrik melalui alat berupa turbin dan cermin cekung. Cermin cekung akan memfokuskan cahaya menuju kesebuah menara yang akan menyerap panas matahari. Dalam menara tersebut akan terjadi proses penguapan dimana uap yang dihasilkan berfungsi untuk menggerakkan turbin. Kemudian turbin tersebut akan menghasilkan listrik.

  1. Tenaga Angin

Angin sudah digunakan sebagai penggerak perahu layar, dan penggerak roda-roda yang berfungsi sebagai penggiling padi, sagu, dan gandum sejak zaman dulu. Kecepatan angin di Indonesia sendiri mencapai 3 sampai 5 m/s. Bahkan di tempat-tempat tertentu kecepatan anginnya bisa mencapai 10 m/s. Hal tersebut artinya energi yang bisa dihasilkan sekitar 9,29 GW. Padahal energi yang baru dimanfaatkan di Indonesia baru mencapai 2 MW atau baru mencapai 0,022%.

Demikian beberapa energi alam yang bisa digunakan sebagai energi alternatif di Indonesia. Selain itu tentunya masih ada banyak lagi energi-energi yang masih bisa di eksploitasi lagi manfaatnya. Tapi yang jelas adalah jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam jika akan menggunakan kekayaan alam.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini