Keberadaan Intan Trisakti Yang Raib Tanpa Jejak

Intan trisakti martapura kalimantan selatan

Intan trisakti martapura kalimantan selatan

Intan Trisakti hanya meninggalkan sebuah nama bagi provinsi kalimantan selatan. memang dulu Intan Trisakti merupakan kebanggan bagi masyarakat kalimantan selatan, khususnya kota martapura. namun sekarang apalah arti dari sebuah sejarah penemuan tanpa ada hal yang dapat kita lihat dari bukti penemuan tersebut. tak seorang pun yang tau keberadaan pasti Intan Trisakti. Tak seorang pun yang dapat memperlihatkan bentuk asli Intan Trisakti, apakah bulat, lonjong, segitiga, atau kotak (segi empat). Intan Trisakti seakan lenyap tanpa jejak. saat ini masyarakat kalimantan selatan hanya bisa menerka bentuk Intan Trisakti dari cerita orang-orang terdahulu.

Intan Trisakti ditemukan pada tanggal 26 Agustus 1965 oleh sekelompok pendulang intan sebanyak 24 orang dibawah pimpinan H. Madslam. Lokasi penemuannya adalah di pendulangan intan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Banjar (sekarang Kota Banjarbaru), Kalimantan Selatan. Nama intan trisakti diberikan oleh Presiden Soekarno di Jakarta pada tanggal 2 September 1965.

Intan Trisakti merupakan intan terbesar yang pernah ditemukan pada saat itu, setelah perang dunia II. intan trisakti memiliki berat 166,75 karat. sampai saat ini intan trisakti merupakan intan terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia. Intan adalah suatu batu permata dari hasil galian tambang yang diperoleh dari hasil penambangan dan nilainya sangat berharga, seperti emas, atau logam mulia, lainnya, walaupun nilainya di bawah emas.

Menurut cerita orang terdahulu yang pernah saya dengar awal menghilangnya jejak intan trisakti karena pemerintah, entah intan tersebut di jual ke luar negeri atau menghilang secara gaib, semuanya menjadi misteri yang tak pernah terjawab. dulu sewaktu penemuan intan trisakti terdengar heboh dimana-mana, pemerintah langsung membawa intan trisakti tersebut.

Kabarnya intan trisakti tidak dijual oleh para penemunya, tetapi dipersembahkan kepada presiden soekarno. atas jasa bakti persembahan intan trisakti kepada presiden soekarno pemerintah berjanji akan memberikan balas jasa yang sepadan kepada H. Madslam beserta 24 orang lainnya. balas jasa yang diberikan pemerintah pada saat itu adalah ongkos naik haji untuk para penemu intan beserta keluarganya, dan pejabat yang terlibat.

Menurut saya klo memang intan tersebut dihadiahkan kepada Presiden Soekarno, kenapa saat ini intan Trisakti tersebut tidak dapat lagi dilihat, sebenarnya intan trisakti dapat dijadikan salah satu aset negera. harusnya paling tidak intan tersebut di pajang di suatu tempat atau di simpan agar generasi selanjutnya dapat mengetahui secara pasti bagaimana intan trisakti itu. Gambar diatas hanyalah contoh bukan gambar dari intan trisakti.

Sumber: http://tutorialtriktips.blogspot.com/2011/08/intan-trisakti-raib-tanpa-jejak.html

One Comment

Leave a Reply
  1. INTAN TRISAKTI
    Sejumlah penduduk dari Kalimantan Selatan telah menemukan sebuah intan raksasa seberat 166,75 karat.Yaitu intan yang diketemukan manusia yang terbesar sesudah Perang Dunia Kedua.
    Intan ini langsung diambil alih oleh Penguasa setempat dari tangan rakyat dan oleh Presiden Sukarno diperlihatkan kepada publik di Istana pada tanggal 5 Februari 1966. Sesuai catatan arsif KOMPAS.
    Sewaktu intan mau dikirimkan ke negeri Belanda untuk di gosok di perusahaan Assher di Amsterdam. Maka direksi GARUDA INDONESIA dipanggil SEKNEG Karena tidak ada jalan lain,pengirimannya akan dilakukan melalui GARUDA.Saya sebagai wakil Kepala Ground Operation harus mencari jalan bagaimana cara mengirmkan barang yang sangat berharga dan berbahaya ini, karena tidak dapat dikirimkan secara konvensional begitu saja.
    Pada waktu itu Direktur Operasi GARUDA adalah captain SOEJALMO yg mengatakan harus dikirimkan secara estafet melalui para captain yg terbang ke Amsterdam. Yaitu Capt SOEMEDI AMIR sampai di Bombay dan kemudian diambil oper oleh Capt. M.Syafei sampai de Amsterdam. Kedua captain tersebut adalah termasuk penerbang yang terbaik dari GARUDA dan kedua-duanya mempunyai kedudukan yang penting.
    Intan itu selamat sampai di Amsterdam dan dipecah-pecah dan digosok. Gosokan yg terbesar adalah 55 karat seharga seluruhnya waktu itu 2 juta gulden yang dengan kurs hari ini adalah sekitar 30 milyard.
    Sebagai kompensasi maka Pemerintah MENAIKKAN HAJI semua orang sekampung di tempat/yang menemukan intan itu, yang jumlahnya kira-kira 50O orang.Mengingat ongkos naik haji pada waktu itu dikeluarkan uang sekitar 1 milyard.
    Baiamana nasib intan yg diberi nama TRISAKTI itu , selanjutnya tidak diketahui karena diurus oleh Pemerintah.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini