Tips dan Cara Mengobati Penyakit TBC

Tips dan Cara Mengobati Penyakit TBC

TBC atau tuberkolusis adalah penyakit yang menyerang seluruh bagian tubuh akan tetapi sering dianggap sebagai penyakit paru. Ini cara mengobati penyakit TBC ini bisa dilakukan dengan beberapa cara baik dengan cara medis atau dengan menggunakan cara-cara yang lebih tradisional. Tapi sebelum membahas seperti apa caranya untuk mengobati TBC ini alangkah baiknya mengetahui pada saja yang menjadi penyebab dari penyakit yang satu ini. TBC disebabkan oleh kuman yang bernama Tubercle Bacillus yang akan masuk ke dalam tubuh melalui debu atau bisa juga karena batuk atau bersin dari orang yang sudah menderita penyakit TBC ini. TBC ini bisa diobati dengan menggunakan obat-obatan medis dan bisa juga dengan menggunakan cara non-medis.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati TBC baik dengan cara medis ataupun dengan menggunakan cara non-medis.

  • Pengobatan TBC secara medis

Obat anti-tuberkolusis atau biasa disebut dengan OAT sudah ditemukan sejak tahun 1940 dan menjadi  obat medis yang digunakan untuk para penderita TBC. Obat medis yang digunakan diantaranya adalah jenis obat pyrazinamide, ethambutol, streptomycin, rifampisin, dan juga isoniazid. Biasanya pengobatan penyakit TBC ini bisa memakan waktu yang cukup lama mulai dari 6 sampai dengan 8 bulan.

  • Pengobatan TBC non-medis

Cara pengobatan non-medis untuk penyakit TBC ini juga bisa dilakukan dengan konsumsi susu kambing. Hal ini disebabkan karena susu kambing mengandung antiseptic alami yaitu flourin yang akan membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan melakukan pengobatan secara medis dan juga dibarengi dengan mengkonsumsi susu kambing ini maka bakteri TBC yang ada di dalam tubuh akan menghilang. Kuman TBC yang ada dalam tubuh bisa menghilang lebih cepat dalam waktu 3 bulan saja.

Orang yang mengalami penyakit TBC aktif biasanya bisa diobati dengan 1 jenis obat saja. Tapi jika kuman TBC lebih resisten dan pemberian obat sudah tidak bekerja lagi maka penderita TBC akan diberikan kombinasi OAT. Cara mengobati penyakit TBC bisa dengan obat medis dan konsumsi susu kambing agar bisa sembuh dengan lebih cepat. Informasi kesehatan lainnya tentang apa obat asam urat alami paling ampuh yang bisa diminum oleh penderita asam urat.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini