Tips Memulai Bisnis Desain Modern dengan Modal Minim

Tips Memulai Bisnis Desain Modern dengan Modal Minim

Bisnis kini tidak hanya identik dengan produk jadi saja. Lebih dari itu, bisnis jasa juga menjadi bidang usaha yang tak kalah menjanjikan. Salah satu yang paling menarik dan banyak diminati adalah bisnis di bidang jasa desain.

Bidang desain modern tak hanya melulu mengenai produk jadi yang dicetak dalam bentuk fisik. Kalau ingin memulai bisnis desain modern dengan modal minim, sebaiknya kita memahami beberapa tips berikut ini terlebih dahulu :

Merekrut Pekerja dengan Berbagai Gaya Desain

Pekerja desain adalah pihak yang akan mendukung kesuksesan bisnis kita. Oleh sebab itu, kita mesti memilih desainer dengan karakter yang kuat dan kemampuan memadai. Kita tidak harus meng-hire pekerja desain senior dengan gaji selangit. Saat ini banyak anak muda yang berstatus fresh graduate dengan kemampuan desain luar biasa. Semakin variatif gaya desain para pekerja kita, maka semakin menarik pula karya yang bisa dihasilkan untuk para klien.

Memanfaatkan Media Sosial

Jangan malas menggunakan media sosial untuk mempopulerkan bisnis desain kita. Selain mengunggah portofolio pekerjaan yang sudah diselesaikan, tak ada salahnya memberikan tutorial mengenai desain-desain sederhana. Karena netizen cenderung tertarik pada konten yang sifatnya unik dan menambah wawasan daripada konten komersial.

Beragam Acara Besar Bertema Desain

Ada banyak sekali acara besar bertema desain yang bisa kita ikuti sepanjang tahun. Acara-acara tersebut akan menambah wawasan sekaligus jaringan kita di dunia bisnis desain. Bukan mustahil kalau kita berkesempatan mendapatkan pendanaan jika sering mengikuti gathering di acara-acara desain.

Kalau kemampuan bisnis kita belum mumpuni untuk mendapatkan pendanaan di tingkat nasional, tak perlu berkecil hati. Kini sistem peer to peer lending yang diusung oleh Mekar.id juga tak kalah efektif untuk membantu permodalan bisnis kita. Sistem ini sama dengan crowdfunding yang memungkinkan investor meminjamkan tambahan modal kepada UKM yang sudah memenuhi kriteria Mekar.id. Maka pihak investor akan mendapatkan keuntungan dengan persentase tertentu sesuai ketentuan, kita pun akan terbantu untuk urusan permodalan bisnis.

Merintis bisnis desain modern yang sesuai impian kita tentu tidak mustahil lagi bila kita sudah menyiapkan perencanaan yang matang. Keterbatasan modal tak akan jadi halangan kalau kita kreatif menyikapinya. Salah satunya tentu saja dengan bantuan pinjaman modal yang ringan dan prosedurnya mudah di Mekar.id.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini