Tips Pencegahan Untuk Penyakit Thyfus

Infeksi diartikan sebagai masuknya bakteri patogen ke dalam tubuh kemudian memperbanyak diri dan menjadi benalu yang merugikan sel inang yang ditumpanginya. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus, parasit, jamur, dan cacing. Ada banyak penyakit yang timbul akibat adanya infeksi oleh organisme tersebut seperti thyfus, herpes, demam berdarah, gangguan kulit serta filariasis. Karena itu perlu dilakukan pencegahan infeksi sejak dini agar tidak berkembang menjadi penyakit yang membahayakan.

 

Penyakit thyfus merupakan salah satu contoh penyakit yang disbabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhosa. Bakteri ini menyerang pada saluran pencernaan, dan menimbulkan gejala seperti demam tinggi, tubuh menggigil, sakit perut, nyeri otot, sakit kepala serta badan  lemas. Penularan penyakit thyfus ini bisa melalui makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri, alat makan yang digunakan tidak bersih, air minum yang sudah tercemar, atau karena makan dengan tangan yang kotor.

 

Pencegahan infeksi terhadap bakteri Salmonella thyposa ini bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat, diantaranya dengan memastikan tangan anda selalu bersih setiap kali anda mau makan, setelah buang air besar, atau setelah memegang barang-barang tertentu yang bisa menjadi sarang bakteri. Mencuci tangan dengan sabun kesehatan mempunyai dampak yang positif bagi kesehatan, karenanya perlu ditanamkan pada anak-anak sejak kecil.

 

Selain mencuci tangan, peralatan makan dan peralatan masak yang digunakan pun harus selalu bersih, kemudian mencuci buah dan sayur yang akan dikonsumsi, dan terakhir menjaga kualitas air putih yang anda minum supaya tetap sehat.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini