Tips Untuk Kamu Belanja Online Lebih Aman

Semenjak munculnya situs belanja online di Indonesia, telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat urban. Kehadiran internet dan kemajuan teknologi pada gadget berupa smartphone atau laptop, kini shopaholic cukup meng-klik mouse atau menyetuh layar smartphone untuk membeli berbagai kebutuhan secara online. Dengan belanja online, anda  bisa menemukan apapun barang yang diinginkan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, fashion, kosmetik, hingga mobil pun bisa dijual secara online. Dunia electronic commerce atau yang biasa disebut e-commerce sudah membuat masyarakat tak perlu keluar hanya untuk mencari kebutuhan. Namun meski menjanjikan, saat berlanja online, anda tetap harus cermat dan berhati-hati. Pasalnya masih banyak oknum nakal yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan layanan belanja online untuk tindak kriminalitias. Meski demikian, anda tidak perlu cemas dan takut untuk berbelanja online, ada beberapa trik yang bisa anda lakukan agar saat belanja  online lebih nyaman dan aman.

Be Secure

Berbelanja online sudah pasti anda membutuhkan kartu debit atau kartu kredit. Jenis pembayaran transfer adalah metode yang banyak digunakan saat anda belanja di toko online. Namun anda harus mengingat kartu kredit mempunyai sifat stasis. Maksud daripada statis adalah nomor yang tertera tidak akan berubah kecuali jika anda menutup atau membuka akun baru lagi. Maka itu, hal inilah yang sangat penting untuk anda perhatikan jangan sampai informasi akun anda bocor secara online. Besar kemungkinan kartu anda bisa disalahgunakan untuk pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atas kerugian anda. Ada cara yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir potensi kebocoran informasi kartu yakni dengan memastikan anda berbelanja di situs belanja online resmi yang aman dan informasi kartu anda dijamin tidak akan sampai bocor.

Simpanlah Password Dengan Baik

Setiap situs belanja online mewajibkan penggunanya untuk log-in sebelum melakukan transaksi pembayaran. Anda harus mengisi username atau password yang sebelumnya telah anda tulis para form registrasi. Buatlah password yang sulit dan jangan pernah memberikan password akun situs belanja online anda kepada orang lain. Cara ini untuk mengantisipati terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Simpan Berkas Pesanan Anda

Setelah anda menyutuji pembayaran, toko online akan memberikan konfirmasi beruapa detail transaksi dan nama barang yang anda beli. Simpanlah berkas ini dengan baik jangan sampai ada orang lain yang tidak berjawab mengambilnya.

Belanja online memang menyenangkan dan disebut-sebut seni berbelanja yang sesungguhnya. Jika anda lebih teliti, cermat, dan berhati-hati anda akan mendapatkan kepuasan lebih dibandingkan berbelanja di toko langsung.  Pastikan anda selalu berbelanja di situs belanja online resmi yang sudah populer dan terpercaya.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini