3 Artis Indonesia yang Mengalami Kanker Serviks

3 Artis Indonesia yang Mengalami Kanker Serviks

Kanker serviks tak pandang bulu mengincar korbannya. Artis kenamaan Indonesia bahkan tak lepas dari intaian penyakit mematikan itu.

Kanker serviks adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel tak terkendali (abnormal) pada leher rahim. Melansir American Cancer Society, penyakit ini ditemukan pada 12.000 wanita Amerika Serikat setiap tahun, di mana 4.000 jiwa di antaranya meninggal dunia.

Tidak dimungkiri, kanker serviks memang penyakit mematikan yang sering hadir tanpa disadari. Tak heran, para pakar kesehatan memberikan predikat “silent killer” pada penyakit yang umumnya menyerang wanita usia 35–55 tahun ini.

Padahal, jika kanker serviks dideteksi dini, penyakit bisa benar-benar disembuhkan. Sebagaimana dikatakan dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, kanker serviks sebenarnya bisa disembuhkan asalkan pengobatan dilakukan selambat-lambatnya pada stadium kedua.

Artis Indonesia dengan kanker serviks

Terkenal sebagai penyakit yang tak pandang bulu dalam mengincar korbannya, kanker serviks ternyata sempat hinggap di tubuh beberapa artis kenamaan Indonesia. Siapa saja artis yang dimaksud?

  • Julia Perez

Julia Perez terdiagnosis kanker serviks di tahun 2013. Wanita bernama asli Yulia Rachmawati ini sempat menjalani kemoterapi, pengobatan radiasi, dan pengangkatan ovarium.

Namun, segudang upaya tersebut rupanya masih belum cukup untuk mengobati penyakit yang dialami wanita dengan sapaan akrab Jupe ini. Lewat beberapa sumber, Julia Perez dikabarkan meninggal dunia saat usia 36 tahun.

  • Nita Tilana

Nita Tilana adalah penyanyi era 90an yang juga dikenal sebagai kakak kandung penyanyi Armand Maulana.

Ia mendapatkan vonis kanker serviks stadium empat setelah melakukan pemeriksaan kali pertama. Karena penyakit sudah terlanjur parah, nyawa Nita tidak terselamatkan. Dirinya tutup usia pada tahun 2000.

  • Titiek Puspa

Titiek Puspa divonis mengalami kanker serviks pada tahun 2009. Sesaat setalah itu, ia langsung menjalani serangkaian pengobatan dan rutin melakukan meditasi.

Meski kanker serviks yang dialaminya sempat memasuki stadium tiga, penyanyi senior itu masih tampak sehat hingga saat ini. Titiek Puspa masih muncul sesekali sebagai model iklan.

Siapa pun tak luput dari incaran kanker serviks. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan pap-smear secara berkala untuk mendeteksi kesehatan organ kewanitaan Anda.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala, seperti perdarahan tak wajar pada vagina, keputihan tidak normal dan berbau tidak sedap, terasa nyeri saat berhubungan seksual, perubahan pola BAB dan BAK, serta berat badan turun tanpa sebab yang jelas. Adanya kondisi tersebut dapat menjadi pertanda bahwa kanker serviks sedang menggerogoti tubuh secara diam-diam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.