3 Rekomendasi Tanaman Obat Herbal

7 Manfaat Mengagumkan Daun Kelor untuk Kesehatan

Semenjak pandemic covid-19, hobi mengoleksi tanaman di rumah menjadi tren lagi. Eits tapi jangan Cuma tanaman hias yang bisa kamu tanam di rumah. Kamu juga bisa menanam tanaman obet herbal keluarga. Berikut beberapa rekomendasi Tanaman obat herbal keluarga.

  1. Seledri

Seledri yaitu sayuran hijau yang mempunyai jumlah kalori yang rendah. Daun seledri memiliki kandungan sekitar 16 kalori per 100 gram. Daun seledri selain bisa dipakai sebagai penambah aroma masakan, juga bisa dipakai sebagai tanaman obat keluarga.

Seledri mempunyai beberapa kandungan baik diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lain seperti kalium, mineral dan zat besi. Untuk manfaat daun seledri yang bisa didapatkan diantaranya dapat mengobati tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang, menghindarkan dari kanker perut dll. Seledri juga mempunyai manfaat untuk menjaga kecantikan wajah. Kalau daun seledri dikonsumsi maka dapat mencegah timbulnya kerutan pada wajah. Seledri juga bisa dipakai untuk masker wajah.

Caranya yaitu daun seledri diiris kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam mangkuk yang berisi air mendidih. Diamkan selama 15 menit. Setelah harum, buang daun seledrinya dan air daunnya disimpan di lemari es. Gunakan air daun seledri tadi pada malam hari sebagai masker untuk wajah.

  1. Daun Kelor

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah mengklaim kalau pohon kelor sebagai pohon ajaib karena tanaman ini bisa menjadi obat yang murah tapi sangat berkhasiat. WHO juga menganjurkan setiap bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor. Daun kelor sangat ampuh dalam mencegah dan mengobati banyak penyakit, khususnya di negara-negara miskin. Daun kelor juga bisa untuk mengobati panas dalam dan demam, meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan serum kolesterol alami.

Daun kelor juga dapat meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memudahkan pencernaan, memelihara sistem imunitas tubuh, mendukung kadar gula dalam tubuh dan lain sebagainya. Daun kelor juga memiliki manfaat dalam menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Daun kelor bisa mengatasi berbagai keluhan yang timbul karena kekurangan mineral dan vitamin. Contohnya seperti kekurangan protein (rambut pecah-pecah), kekurangan vitamin C (pendarahan pada gusi gigi), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin A (gangguan pada penglihatan), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah), kekurangan vitamin B1 (penyakit beri-beri), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan zat besi (anemia) dan kekurangan kalsium (osteoporosis).

  1. Kangkung

Kangkung terkenal karena harganya yang murah tapi kangkung juga bisa diolah sebagai makanan yang mempunyai sederet kandung baik untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor dan zat besi lainnya. Kandungan vitamin C dalam kangkung dapat mencegah sariawan dan gusi yang berdarah. Kalau sekarang ini kamu sedang sakit gigi, kamu bisa coba untuk mengunyah daun kangkung. Daun kangkung juga mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman-kuman yang ada pada gigi. Walau kamu pasti tahu kalau fakta lainnya kangkung juga dikenal sebagai sayuran pemicu ngantuk dan dihindari sebagian orang.

Ini dikarenakan oleh zat besi yang ada pada kangkung membuat mata menjadi berat sehingga ada semacam dorongan tidur yang kuat setelah kamu makan kangkung. Jadi bagi kamu yang sedang mengalami insomnia, disarankan untuk mencoba sayuran kangkung untuk mengobati kesulitan tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.