5 Hal Ini Menyebabkan Seseorang Yang Tidak Bijak Dalam Berkata Dapat Menyakiti Hati Orang Lain

5 Hal Ini Menyebabkan Seseorang Yang Tidak Bijak Dalam Berkata Dapat Menyakiti Hati Oranglain

Seseorang dikatakan mempunyai perkataan yang bijak ketika kata kata yang digunakan oleh seseorang ini mudah dimengerti oleh orang banyak. Kata bijak dari seseorang ini biasanya kata kata yang umum digunakan sehingga apa yang disampaikan oleh seseorang dengan kata bijak akan mudah dipahami oleh lawan bicaranya. Ketika sebuah pesan seseorang mudah dipahami oleh lawan bicaranya maka respon dari lawan bicaranya itu akan cepat terjadi karena lawan bicaranya itu sudah mengerti dengan apa yang disampaikan oleh seseorang yang bijak itu.

Didalam kehidupan berintrekasi dengan oranglain maka seseorang sepatutnya bijak dalam berkata. Karena ketika seseorang tidak bijak dalam berkata bisa saja perkataannya itu akan menimbulkan kesalahpahaman antara seseorang ini dengan lawan bicaranya. Atau seseorang yang tidak bijak dalam berkata juga dapat menyakiti hati orang lain akibat kata yang tidak bijak itu. Lalu apa yang menyebabkan seseorang yang tidak bijak dalam berkata itu dapat meyakiti hati orang lain? 5 hal ini menyebabkan seseorang yang tidak bijak dalam berkata dapat menyakiti hati oranglain diantaranya yaitu :

  1. Seseorang Ini Tidak Ramah Saat Sedang Berbicara
    Salah satu ciri orang yang tidak bijak dalam perkataannya adalah tidak ramah pada saat sedang berbicara dengan lawan bicaranya. Misalnya seseorang ini jarang tersenyum atau judes pada saat berbicara itu. Sehingga hal ini biasanya akan membuat lawan bicaranya itu merasa tidak dihargai atau tidak dihormati.
  2. Seseorang Ini Menggunakan Kata Kata Yang Tidak Umum
    Ciri lain dari seseorang yang tidak bijak dalam berkata juga adalah seseorang ini menggunakan kata kata yang tidak umum. Sehingga hal ini akan membuat lawan bicaranya itu tidak mudah mengerti dengan apa yang dibicarakan oleh seseorang itu. Sehingga lawan bicaranya itu akan merasa bodoh karena tidak mengerti dengan apa yang seseorang itu katakan.
  3. Seseorang Ini Terburu Buru Didalam Menyampaikannya
    Terburu buru saat berbicara juga adalah ciri dari seseorang yang tidak bijak dalam berkata. Ketika seseorang ini terburu buru menyampaikan pesannya maka kemungkinannya lawan bicaranya itu tidak akan cepat mengerti dengan apa yang dibicarakan seseorang itu. Sehingga lawan bicaranya itu akan meminta ulang seseorang itu untuk mengulanginya tetapi kemungkinannya seseorang ini tidak mau mengulangi pembicaraannya lagi.
  4. Seseorang Ini Tidak Tenang Saat Berkata
    Seseorang yang tidak bijak dalam berkata juga biasanya tidak bisa bersikap tenang pada saat sedang berbicara. Misalnya seseorang ini berbicara dengan sering membuang mukanya atau juga tidak menatap mata lawan bicaranya. Sehingga hal ini akan membuat lawan bicaranya itu merasa tidak diinginkan.
  5. Seseorang Ini Tidak Tegas Dalam Berkata
    Tidak tegas dalam berkata juga merupakan ciri dari seseorang yang tidak bijak dalam perkataannya. Seseorang ini tidak konsisten dengan apa yang telah dikatakannya dan cenderung berubah ubah. Misalnya seseorang ini telah membuat janji dengan orang lain tetapi karena seseorang ini tidak bijak dalam berkata maka seseorang ini akan mengingkarinya.

Itulah 5 hal yang menyebabkan seseorang yang tidak bijak dalam berkata dapat menyakiti hati oranglain. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.