Bagaimana Sih Cara Mengobati Sariawan Secara Alami? Ini Dia Jawabannya

Bagaimana Sih Cara Mengobati Sariawan Secara Alami? Ini Dia Jawabannya

Sariawan atau yang bahasa medisnya adalah stomatitis, merupakan sebuah peradangan yang terjadi di area sekitar mulut seperti lidah, gusi, rongga mulut, selaput lendir, bibir bagian dalam, dan bibir bagian luar. Kondisi sariawan ini bisa terlihat dari adanya benjolan yang berwarna putih kekuning-kuningan. Meski bukan termasuk kedalam jenis penyakit yang serius, namun kehadiran sariawan ini dapat menghambat aktivitas kita, terutama saat hendak makan.

Ya, apabila sariawan tersebut tersentuh oleh makanan, maka akan muncul rasa perih yang cukup menyiksa. Penyebab sariawan itu sendiri bisa dikarenakan beberapa faktor seperti tubuh yang kekurangan vitamin C, sering mengonsumsi makanan pedas, sering mengonsumsi makanan-minuman panas, kurang memperhatikan kebersihan mulut, dan sebagainya. Nah, berbicara soal cara mengobati sariawan, berikut di bawah ini ada beberapa cara alami yang ampuh dalam mengobati sariawan :

  1. Menggunakan Bawang Putih

Cara alami pertama yang ampuh dalam mengobati sariawan, yakni dengan menggunakan bawang putih. Berdasarkan dari hasil penelitian, bawang putih bersifat antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab timbulnya sariawan. Mengenai cara pengerjaannya, siapkan 1 butir bawang putih, kemudian potong menjadi 2 bagian. Setelah itu, gosokkan potongan bawang putih tersebut ke bagian sariawannya secara perlahan.

  1. Mengonsumsi Buah Jeruk

Seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan di atas tadi, bahwa salah satu dari penyebab timbulnya sariawang itu dikarenakan tubuh yang kekurangan vitamin C. Mengingat buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C, maka tak heran jika buah jeruk sangat ampuh dalam mengobati sariawan di mulut. Dengan mengonsumsi buah jeruk, maka sariawanmu akan berangsur-angsur sembuh.

  1. Mengonsumsi Yoghurt

Sama halnya dengan buah jeruk, yoghurt juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mengobati sariawan secara efektif. Tak hanya untuk mengobati sariawan, dengan mengonsumsi yoghurt maka kebersihan mulutmu akan terpelihara.

  1. Minyak Kelapa

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan benda cair yang berwarna kuning emas ini. Tak banyak orang yang tahu, bahwa minyak kelapa dapat mengobati sariawan. Cara pengerjaannya juga sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa tersebut tepat kebagian sariawannya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa cara alami yang ampuh dalam mengobati sariawan. Dari keempat cara tersebut, cara nomor berapakah yang akan kamu coba?

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.