Berbagai Macam Jenis Durian, Yang Manakah Kesukaanmu?

main image

Durian merupakan buah yang berada di daerah dengan iklim tropis, buah dengan banyak kontroversi ini ada banyak jenis nya di Indonesia, mulai dari durian local Indonesia, hingga Durian Montong dan juga durian Musang King yang akhir – akhir ini sedang viral. Sebagai warga negara yang berada diiklim tropis, sudahkah anda mencoba banyak jenis durian yang ada di negara ini? Atau bahkan anda belum mengetahui  jenis – jenis durian yang ada? Jika anda belum mengetahui nya, mari simak jenis – jenis sang raja buah dan yang manakah yang menjadi favorite mu?

  1. Durian Serumbut

Pernahkah anda mendengar nama durian Serumbut? Durian Serumbut ini merupakan durian yang berasal Dusun Ponti Kayan, Desa Nekan Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Meskipun Durian ini berasal dari Kalimantan, Durian Serumbut ini pernah menjadi santapan  untuk Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Durian ini menjadi santapan presiden lantaran rasa nya yang legit. Tak heran jika Durian Serumbut juga pernah memenangkan kontes durian terbaik pada tahun 2013 lalu. Ciri khas dari Durian Serumbut ini adalah ia memiliki daging yang tebal juga berwarna kuning layaknya tembaga. Dan yang paling penting adalah rasa durian serumbut ini memiliki rasa yang manis legit dan ada sedikit rasa pahit namun cukup kuat. Durian Serumbut ini juga memiliki kadar alcohol yang cukup terasa di daging buahnya sehingga kadar alkoholnya dapat dikatakan cukup tinggi.

  1. Durian Kunyit

Pernahkah anda mendengar mengenai Durian Kunyit? Durian ini pernah memenangkan kontes sebagai Durian unggul pada bulan Agustus 2019 lalu yang dilaksanakan di Kalimantan Barat. Masih sama seperti Durian Serumbut, Durian Kunyit ini juga di Kalimantan Barat, tepat nya di Desa Sebongkuh, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Durian Kunyit ini merupakan durian yang cukup tua, pasalnya Durian Kunyit ini sendiri sudah berusia lebih dari 100 tahun, lho. Dalam jangka waktu setahun, pohon Durian Kunyit ini bisa berbuah hingga dua kali.

  1. Durian Montong

Durian Montong ini merupakan durian yang banyak digemari oleh warga Indonesia, sehingga nama Durian Montong terdengar tidak asing di telinga banyak orang. Durian Montong ini merupakan jenisbuah yang dapat cepat berbuah dan memiliki ukuran yang besar. Pada 1 buah durian Montong, ukurannya bisa mencapai 6 hingga 10 kg.

Ciri khas lainnya dari Durian Montong adalah dagingnya yang cukup tebal dan memiliki rasa manis yang dominan ketika anda menggigitnya. Dengan karaktersitik yang seperti itu, tak heran banyak jika banyak yang menyukai durian dengan jenis ini yaitu durian montong. Meski dengan segala kelebihan yang dimiliki durian Montong, ia merupakan buah yang terbilang lebih lama dibanding jenis durian yang cepat berbuah lainnya. Namun, anda tidak akan kesulitan menemukan varian durian ini, karena sudah banyak orang yang membudidaya kannya.

  1. Durian Merah Banyuwangi

Pernahkah anda mendengar mengenai durian merah Banyuwangi ini? Durian ini terhitung sebagai jenis durian yang cepat berbuah dan juga jarang dijumpai di Indonesia. Durian ini memilki Keunikan yaitu  warna daging buah ini  memiliki warna merah pekat, sangat berbeda dengan jenis durian pada umumnya. Selain itu, durian ini memiliki daging buah yang tebal menjadikan durian ini memiliki prospek bisnis yang menjanjikan, karena belum banyak orang yang berani membudidayakannya. Karena masih jarang, durian ini memiliki harganya yang relatif mahal. Anda perlu berhati hati karena ada saja oknum yang menjual bibit durian ini namun tidak asli dan dijual dengan bebas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.