Cara Aman Mengendarai Mobil Dikala Hujan

Cara Aman Mengendarai Mobil Dikala Hujan

Saat berkendara dengan menggunakan mobil, Anda akan terlindungi dari air hujan. Namun, ketika hujan turun, bukan berarti Anda tidak perlu waspada sama sekali. Sebab, hujan menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang umum terjadi. Untuk itu, pastikan Anda berkendara secara aman dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Menjaga Jarak Antar Kendaraan

Jarak antar kendaraan perlu diperhatikan ketika Anda berkendara dengan menggunakan mobil. Namun, saat hujan tiba, jarak kendaraan perlu semakin diperhatikan agar dapat menghindari tabrakan beruntun. Atur kecepatan Anda ketika berkendara agar jarak antar kendaraan tetap terjaga. Sehingga, risiko kecelakaan dapat dicegah walau harus berkendara dikala hujan.

Tidak Menggunakan Lampu Hazard

Saat hujan lebat tiba, seringkali banyak pengendara mobil yang menyalakan lampu hazard. Hal tersebut bukanlah hal yang tepat karena penggunaan lampu hazard bertujuan untuk kondisi darurat atau ketika mobil berada dalam posisi berhenti. Sebaiknya, nyalakan lampu utama agar lampu belakang bisa menyala. Sehingga, pengendara mobil di belakang Anda bisa melihat kendaraan dengan jelas dan menghindari risiko tabrakan saat hujan.

Menjaga Jarak Pandang

Cara Aman Mengendarai Mobil Dikala Hujan - Menjaga Jarak Pandang

Ketika hujan turun, jarak pandang menjadi salah satu kendala yang harus Anda hadapi. Agar tetap aman, maka sebaiknya jaga jarak pandang agar bisa melihat mobil di sekeliling Anda. Gunakan wiper untuk menyapu air yang menghalangi pandangan di kaca mobil. Bersihkan juga embun yang ada di kaca agar pandangan tidak terhalang.

Mewaspadai Genangan

Genangan air di beberapa titik akan muncul saat hujan lebat tiba. Anda perlu mewaspadai genangan tersebut agar mobil tidak terperosok atau tergelincir. Sebab, air yang tergenang bisa saja merupakan lubang atau selokan yang akan membuat mobil Anda terperosok. Selain itu, genangan air juga bisa membuat ban mobil tergelincir hingga akhirnya membuat mobil terguling.

Itulah beberapa cara agar bisa berkendara secara aman dikala hujan. Agar lebih tenang, berikan juga perlindungan terbaik untuk mobil Anda. Membeli asuransi mobil bisa menjadi cara terbaik agar mobil terlindungi secara finansial. Sehingga, Anda tidak perlu merasa khawatir walau harus menerjang hujan ketika berkendara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.