Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes melitus merupakan penyakit yang serius, karena penyakit diabetes ini sangat mengganggu kesehatan bagi penderita. Diabetes melitus atau sering disebut kencing manis ini disebabkan oleh kadar glukosa yang tinggi di dalam darah. Seseorang yang memiliki kadar glukosa yang tinggi maka wajib untuk mengatur pola makannya dengan baik. apabila tidak mengatur dengan baik, maka yang terjadi adalah kadar glukosa di dalam darah akan naik secara derastis. Bagi penderita diabetes melitus makanan harus benar benar terjaga, karena makan merupakan awal dari terjangkitnya penyakit diabetes, bukan hanya itu faktor keturunanpun dapat mempengaruhi, hal ini dapat terjadi pada penyakit penyakit diabetes melitus tipe 2. Diabetes tipe ini memang cenderung berawal dari sisi genetik yang di sebabkan oleh faktor keturunan.

Diabetes melitus tipe 2 yang diakibatkan oleh keturunan, maka pandai – pandailah menjaga kesehatan agar tidak terjangkit penyakit yang serius ini. oleh karena itu untuk menghindari penyakit yang satu ini maka salah satu caranya dengan menjaga pola hidup dan pola makan sehat. Dibawah ini merupakan cara mencegahan terjangkitnya penyakit diabetes adalah sebagai berikut:

  1. Mengontrol berat badan
    Dengan mengontrol berat badan, maka dapat menurunkan resistensi insulin dan mengurangi terkena diabetes, menurut penelitian bahwa untuk mencegah diabetes maka membutuhkan dua setengah jam dalam seminggu, yakni dengan melakukan pembakaran glukosa, seperti berlari, bersepeda atau olahraga yang ringan.
  2. Tidur yang cukup
    Kurang tidur merupakan penyebab penyakit diabetes, karena kurang tidur dapat memicu resistensi insulin, terutama bagi seseorang yang cenderung terkena diabetes secara genetik. Tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya sangat beresiko dibandingkan orang yang tidur lebih dari 7 jam waktu tidur saat malam hari.
  3. Serat
    Batasi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi dan pemanis buatan, karena dapat memperlambat aliran glukosa ke dalam darah. Ketika menginginkan suatu yang manis maka alangkah baiknya mengkonsusmi makanan yang rendah gula. Anda masih bisa menikmati makanan yang manis – manis namun dengan memakai gula yang sehat bagi tubuh, seperti Tropicana yang aman bagi tubuh sehingga sangat aman untuk di konsumsi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.