Cara Menciptakan Keluarga Harmonis

Cara Menciptakan Keluarga Harmonis – Keluarga adalah tempat kita berasal. Kita lahir dan berawal dari keluarga. Keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang saling ketergantungan dan memiliki tanggung jawab satu-sama lain. Kita pasti memiliki ibu, ayah, adik , kakak atau saudara, disitulah tempat kita berawal dari kita kecil dan berbagi segalanya hingga kita dewasa atau tua.

Seringnya dalam kehidupan sehari-hari, kita jarang bertemu dengan anggota keluarga satu sama lain. Karena kesibukan kita masing-masing , misalnya si ayah yang bekerja dari pagi hingga malam hari, si ibu yang sibuk mengurus pekerjaan rumah, kakak, adik yang sibuk dengan urusan sekolah dan teman-temannya kita jadi jarang berkumpul dan berkomunikasi satu sama lain.

Padahal komunikasi sangat lah penting dibina dalam hubungan keluarga. Dengan komunikasi mampu mempererat kekeluargaan dan memupuk kebersamaan. Kurangnya komunikasi bahkan bisa mengakibatkan adanya kesalahpahaman dan misscomunication. Komunikasi adalah cara yang baik untuk membuat keluarga harmonis.

Setiap hari sediakanlah waktu untuk keluarga anda, bisa 15-20menit , sambil makan malam atau pun di jam-jam santai sambil mengobrol dan menonton. Sediakanlah snack/makanan yang enak yang menjadi kesukaan anggota keluarga anda, begitu pula minuman yang menjadi favorit anggota keluarga anda. Dengan begitu, setiap anggota keluarga akan betah berlama lama berkumpul sambil menikmati hidangan yang ada.

Jadikan moment ini sebagai pelepas kerinduan, saling bercerita dan sharing tentang kegiatan masing-masing. Pentingnya berkumpul bisa membuat keluarga harmonis dan lebih akrab satu sama lain. Keluarga yang harmonis adalah gambaran keluarga ideal. Tentu semua keluarga ingin harmonis.

Kini sudah ada website maribicara. Yang berisi tentang berbagai tips dan informasi seputar kehidupan kelurga harmonis. Disini lengkap ada sharing cerita keluarga dan ada pula inspirasi keluarga. Semua bisa anda jadikan informasi untuk keluarga anda. Apabila anda juga sedang ingin mencari resep dan inspirasi untuk keluarga anda, disinilah tempatnya. Web site ini sangat dapat bermanfaat dan membantu anda dalam membuat keluarga harmonis dan ideal. Semoga keluarga anda selalu harmonis ya.

Keluarga yang terbilang tidak harmonis akan mengakibatkan hal negatif seperti stres bagi setiap anggota keluarga. Sehingga suami malas untuk pulang karena tidak menemukan nuanasa damai setelah bekerja, anak-anak jauh lebih suka keluar karena merasa tidak mendapatkan perlakuan baik, perlindungan dan kasih sayang dan istri merasa tertekan atas ketidakharmonisan dalam keluarga. Hal ini perlu untuk diatasi segera dengan menindaklanjuti masalah dan menciptakan dengan usaha yang keras agar terjalin keluarga harmonis.

Berikut ini beberapa cara untuk menciptakan dan menumbuhkan keluarga harmonis, antara lain:

  • Jika ada yang bertengkar terutama anak-anak, terimalah dengan lapang dada. Setelah pertengkaran, bicaralah baik-baik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masing-masing.
  • Jika anak-anak membuat kesalahan dalam rumah, tidak perlu marah namun berikan peraturan untuk lebih disiplin dan berikan hukuman yang optimal bagi yang melanggar serta berikan hadiah bagi yang tertib dan menjalankan aturan dengan benar.
  • Bagi orang tua, jika melakukan kesalahan jangan takut untuk mengungkapkan di hadapan anak-anak. Hal ini lebih takjub hasilnya karena kejujuran dan permintaan maaf merupakan satu pelajran yang terbaik untuk menciptakan rasa saling terbuka, percaya dalam berkeluarga.
  • Ciptakan suasana sarapan atau makan sebagai moment yang terbaik dalam keluarga. Saling berinteraksi satu sama lain dan bercanda adalah hal yang perlu diterapkan dalam menjalin keluarga yang harmonis.
  • Ciptakan moment yang bisa selalu bersama seperti menikmati teh atau camilan dengan menonton televisi bersama sehingga nanti rasa kebersaman dan kekerabatan tercipta jauh lebih erat dan harmonis.
  • Persiapkan untuk liburan. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk melepaskan rasa penat, stres yang membelenggu dalam keluarga. Dengan adanya liburan maka akan menemukan semagant baru dan keakraban yang jauh lebih dekat.

Itulah cara yang efektif untuk menciptakan keluarga harmonis. Jika hal ini dilakukan dengan baik maka secara tidak langsung menularkan kebaikan bagi anggota yang lain, mari bergabung dalam keluarga mari bicara untuk menjalin rasa saling memiliki bersama anggota keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.