Cara mengatasi diare Saat Perjalanan Jauh

Kenyamanan dalm sebuah perjalanan tentu merupakan hal yang sangat diutamakan, apalagi jika menempuh jarak yang sangat jauh. Apalagi jika anda sedang memiliki penyakit diare yang nantinya menyebabkan anda untuk bulak balik ke toilet untuk buang air besar, tentu hal tersebut sangat mengganggu dan menghambat perjalanan anda. dalam hal ini anda perlu mengetahui cara mengatasi diare dalam perjalanan jauh. Perlu diketahui juga bahwa penyebab diare adalah adanya kontaminasi pada makanan yang kebersihannya tidak terjaga. Untuk itu anda perlu mengkonsumsi makanan sehat dan bersih.

Berikut ini adalah cara mengatasi diare ketika perjalanan jauh:

  1. Minum Banyak Cairan

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika mengalami diare saat perjalanan jauh adalah dengan mengkonsumsi air mineral yang banyak. Karena biasanya diare dengan dehidrasi ringan disebabkan oleh kurangnya cairan pada tubuh anda.

  1. Mengkonsumsi Obat

Jika anda mengalami diare dengan dehidrasi ringan, anda juga bisa mengkonsumsi obat diare yang di jual secara bebas. Gunakan obat yang membantu dalam meredakan diare. Obat ini nantinya akan membantu anda untuk tidak sering bulak balik ke kamar mandi. Penggunaan antibiotik perlu dipertimbangkan kembali jika belum ada resep dari dokter.

  1. Mengkonsumsi Larutan Oralit

Oralit merupakan larutan yang terkenal dan terbukti ampuh dalam mengatasi penyakit diare. Orang tua terdahulu biasanya akan menyarankan penggunaan larutan oralit untuk mengatasi masalah diare. Bahan-bahan untuk membuat larutan oralit juga sangat mudah sekali, dan bahan-bahannya sangat mudah di temukan di pasaran. Berikut ini adalah baha-bahan yang bisa anda gunakan untuk membuat larutan oralit:

  1. ½ sdt garam
  2. ½ sdt soda kue
  3. 1 lt air putih
  4. 4 sdm gula
  5. Mencari IGD

Jika dalam perjalanan anda mengalami diare dengan dehidrasi berat, maka ada baiknya untuk mencari IGD agar anda mendapatkan infus, tujuannya agar tubuh anda tetap menerima asupan cairan.

Itulah cara mengatasi diare pada saat anda sedang dalam perjalanan. Lakukanlah hal tersebut untuk kenyamanan perjalanan anda walaupun sedang diare. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.