Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Pada setiap kasus untuk gigi yang berlubang, gusi dapat menjadi bengkak dan merupakan gangguan pada mulut yang dapat menimbulkan nyeri yang teramat perih dan tentunya sangat mengganggu aktivitas seseorang. Jika dibiarkan terlalu lama, gusi bengkak akan membesar dapat menimbulkan benjolan dan membaut pipi terlihat lebih menonjol sehingga mengganggu penampilan seseorang.

Umumnya, gusi bengkak dapat diakibatkan dari dari tumbuhnya plak dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga plak-plak tersebut menumpuk menjadi karang gigi dan menumbuhkan bakteri yang dapat membuat gusi menjadi bengkak. Air liur pada mulut juga akan membantu plak-plak tersebut menjadi mengeras dan karang gigi akan menempel pada gigi.

Cara mengatasi gusi bengkak dapat dilakukan dengan langsung pergi ke dokter gigi terdekat. Namun, apabila anda belumsempat pergi ke dokter, anda bisa menggunakan beberapa cara alami di bawah ini untuk mengurangi nyeri pada gusi anda :

  1. Menurut dokterbabe.com, menggunakan perasan air jeruk nipis. Air jeruk nipis sangat efektif dalam membasmi bakteri pada mulut dan menjaga kebersihan mulut. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 perasan air jeruk nipus dengan segelas air hangat. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur sesudah menggosok gigi.
  2. Belimbing wuluh. Belimbing ini juga dapat membersihkan bakteri pada mulut. Caranya adalah, tumbuk 2 belimbing wuluh sampai halus lalu oleskan pada bagian gusi atau gigi yang sakit. Tunggu beberapa saat hingga meresap dan nyeri pada gusi berkurang.
  3. Daun jambu biji. Daun ini berguna untuk melawan bakteri pada mulut serta mengempeskan gusi yang bengkak. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengunyah daun jambu biji tersebut. Atau jika suka, anda bisa merebus daun jambu biji dan airnya anda gunakan untuk berkumur.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi gusi anda yang membengkak. Janganlah membiarkan gusi bengkak terlalu lama karena nanti bisa memperparah kondisi mulut anda sehingga tidak dapat makan dengan baik. Segeralah pergi ke dokter apabila anda sudah merasakan nyeri pada bagian gigi dan gusi.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.