Ciri – ciri air telah tercemar polutan

Seperti yang kita ketahui saat ini Industri di Indonesia banyak yang tidak bertanggungjawab tentang kondisi lingkungan sekitarnya. Salah satu contohnya adalah tercemarnya air disekitar industri tersebut. industri yang baik seharusnya tahu cara mengatasi limbah hasil produksi untuk dibuang kemana. Kalau dibuang ke sungai maka itu sama saja membunuh habitat ikan di sungai tersebut dan juga sama saja mencemarkan air yang akan digunakan oleh masyarakat sekita. Hal tersebut seharunya ditindaklanjuti. Karena air merupakan sumber daya alam kita yang sangat kita butuhkan sebagai makhluk hidup. Mungkin memang kita tidak merasakannya sekarang. Namun bagaimana dengan 10 tahun yang akan datang bahkan 50 tahun yang akan datang. Apakah masih ada air bersih sesuai kriteria air bersih untuk anak – akan kita nanti ? maka dari itulah pentingnya pengetahuan tentang pencemaran air dan cara penanggulangan pencemaran air tersebut. selain industri juga ada yang mencemarkan air. Anda sebagai pengguna detergen juga termasuk pencemaran air. Untuk itulah sama – sama kita melestarikan dan memuliakan air yang ada untuk kebutuhan hidup bersama.

Untuk itulah sebagai penambah wawasan anda, saya akan memberikan beberapa ciri – ciri air yang sudah tercemar polutan. Antara lain :

  1. Polutan berupa mineral akan membuat air tanah memiliki rasa tertentu. Jika terasa pahit, pemicunya bisa berupa besi, alumunium, mangaan, sulfat maupun kapur dalam jumlah besar.
  2. Kekeruhan juga merupakan tanda bahwa air tanah telah tercemar oleh koloid (bio zat yang lekat seperti getah atau lem). Lumpur, tanah liat dan berbagai mikroorganisme seperti plankton maupun partikel lainnya bisa menyebabkan air berubah menjadi keruh.
  3. Warna kekuningan akan muncul jika air tercemar chromium dan materi organik. Jika air berwarna merah kekuningan, itu menandakan adanya cemaran besi. Sementara pengotor berupa lumpur akan memberi warna merah kecoklatan.
  4. Adanya perubahan pH atau konsentrasi ion Hidrogen.
  5. Adanya perubahan suhu air
  6. Timbulnya endapan, koloidal, dan bahan terlarut
  7. Adanya mikroorganisme.

Itulah ciri – ciri yang bisa saya berikan untuk menambah wawasan agar kita tidak menggunakan air yang sudah tercemar yang tidak termasuk dalam kriteria air bersih. semoga bermanfaat

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.