Crinoid: Aplikasi Manajemen Akun Marketplace Terbaik 2021

Crinoid: Aplikasi Manajemen Akun Marketplace Terbaik 2021

Memiliki toko di beberapa marketplace sekaligus memang berpeluang mendapatkan penghasilan lebih besar. Namun, Anda juga butuh banyak waktu dan tenaga untuk mengelolanya. Sebaiknya Anda memiliki aplikasi manajemen akun marketplace untuk memudahkan pekerjaan tersebut.

Setahun yang lalu, tepatnya di 2020, Crinoid diperkenalkan kepada publik. Crinoid sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan kemudahan mengelola toko online. Simak ulasan atau review aplikasi tersebut pada artikel ini!

Apa Itu Crinoid?

Crinoid adalah aplikasi hasil kerja sama antara Bhinneka dengan SMESCO. Peluncuran aplikasi tersebut rupanya bukan tanpa alasan. Bhinneka sendiri sebagai salah satu pelopor marketplace di Indonesia sudah memahami bagaimana cara pengusaha mengelola toko online-nya di marketplace.

Tak sedikit tantangan yang harus dihadapi pengusaha ketika merintis sebuah toko online di marketplace. Mereka harus mempersiapkan foto produk, deskripsi, serta data lainnya yang masih berkaitan dengan produk.

Setelah itu, informasi produk harus diupload ke marketplace satu per satu. Hal ini sudah cukup menyita waktu. Namun, pekerjaan seorang pengusaha online tidak hanya sampai di situ. Pelaku usaha harus memonitor tokonya untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

Jika hanya mengelola toko di satu marketplace, hal itu bukan masalah besar. Bagaimana jika harus mengelola toko di 3 marketplace sekaligus? Tentu Anda membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang kemudian merekrut admin untuk toko online.

Sekarang Anda tak perlu lagi merekrut banyak admin untuk mengawasi toko online di marketplace. Saat ini sudah ada Crinoid, aplikasi manajemen akun marketplace. Fungsi utama aplikasi ini adalah mengelola akun di semua marketplace hanya dengan satu aplikasi atau halaman.

Sejak dirilis pertama kali, Crinoid mendukung 3 marketplace, yaitu:

  • Shopee
  • Lazada
  • Tokopedia

Bhinneka meluncurkan aplikasi ini di tengah gencarnya imbauan pemerintah untuk meng-online-kan UMKM. Upaya ini dilakukan Bhinneka untuk membantu pelaku UMKM menjalankan bisnisnya di tengah pandemi. Di awal peluncurannya, Bhinneka menggratiskan aplikasi ini untuk UMKM.

Keunggulan Aplikasi Manajemen Akun Marketplace

Setelah mengenal aplikasi Crinoid Bhinneka, sebaiknya pahami pula hal-hal yang menjadi keunggulannya. Untuk mengetahui keunggulannya, Anda bisa melihatnya di daftar berikut ini:

  • Cukup dengan satu jenis aplikasi, pemilik usaha atau pelaku UMKM sudah bisa mengatur produk, harga, stok, serta promosi di beberapa marketplace sekaligus. Hal ini jelas menghemat waktu dan tenaga.
  • Cukup dengan satu platform, yaitu Crinoid, Anda bisa mengintegrasikan semua toko online di marketplace hanya dengan satu aplikasi. Pantau semua aktivitas toko online hanya menggunakan aplikasi tersebut.
  • Memberikan laporan berupa data transaksi dan penjualan dari semua marketplace yang sudah dihubungkan.
  • Interface atau tampilan Crinoid begitu sederhana dan mudah untuk digunakan, bahkan oleh pemula.
  • Berfungsi layaknya asisten pribadi atau admin yang membantu Anda mengelola akun di marketplace.
  • Pekerjaan terkait dengan toko online di marketplace bisa diselesaikan lebih cepat. Itu artinya Anda memiliki waktu lebih banyak untuk merencanakan terobosan berikutnya yang perlu dilakukan untuk memajukan bisnis.

Potensi Keuntungan Menggunakan Aplikasi Crinoid

Di poin sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa aplikasi Crinoid dibuat untuk memudahkan para pelaku usaha dalam mengelola akun marketplacenya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua skala bisnis, mulai dari mikro, kecil, menengah, hingga perusahaan besar.

Ada beberapa potensi keuntungan atau benefit yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi Crinoid ini. Berikut penjelasan selengkapnya:

· Efisiensi Waktu dan Biaya

Biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah bisnis berbasis offline jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan online. Ketika menjalankan bisnis offline, Anda akan membutuhkan tempat, listrik, serta gaji untuk karyawan.

Hal ini dinilai kurang sebanding dengan hasil yang didapat karena toko offline memiliki jam buka yang terbatas. Bahkan toko tersebut bisa saja tidak buka setiap hari.

Namun lain halnya dengan bisnis yang dilakukan secara online, biaya operasional serta modalnya jauh lebih rendah. Anda tak butuh sewa tempat serta biaya listrik. Toko online bisa diakses 24 oleh calon pembeli.

Anda tak membutuhkan banyak waktu ketika mengelola satu toko online. Bagaimana jika harus mengelola 3 toko sekaligus di marketplace berbeda? Anda mungkin akan membutuhkan admin untuk mengatasinya.

Tapi sekarang Anda tak memerlukan admin karena sudah ada Crinoid. Dengan aplikasi tersebut, operasional beberapa toko online bisa dilakukan sekaligus. Hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan Crinoid antara lain mengatur produk, mengubah harga, promosi, serta koordinasi dengan reseller.

· Jangkauan Lebih Luas

Berjualan di beberapa marketplace sekaligus sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Pengguna atau calon pembeli juga akan lebih mudah menemukan produk Anda. Apalagi sebagian besar konsumen toko online memiliki lebih dari satu aplikasi marketplace.

Tak hanya itu, pembeli juga terkadang bertransaksi secara impulsif karena tergiur promosi gratis ongkos kirim, dan sebagainya. Dengan keadaan seperti ini, tidak menutup kemungkinan bahwa target penjualan Anda akan lebih mudah dicapai.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu bagaimana cara untuk memperluas jaringan konsumen di marketplace? Crinoid menyediakan fitur bernama multi partner. Dengan fitur tersebut, Anda bisa terhubung dengan para agen atau reseller yang akan memperluas jangkauan pasar.

Tak cuma itu, Crinoid juga memiliki fitur multi warehouse untuk membantu pelaku usaha mengatur stok produk di satu aplikasi. Produk yang dikirimkan kepada konsumen akan diambil dari lokasi stok paling dekat.

Kedua fitur tersebut dapat meningkatkan jangkauan pasar atau menjangkau lebih banyak konsumen serta menghemat biaya pengiriman produk.

· Perbanyak Channel Penjualan

Ketika Anda hanya menggunakan satu platform untuk menjual produk, konsumen yang berhasil dijangkau masih sangat sedikit. Untuk meningkatkan jangkauan konsumen, Anda perlu membuka toko di berbagai platform lain.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan konsumen yang baru. Selain itu, membuat banyak toko online di berbagai platform akan meningkatkan kemungkinan toko dan produk Anda ditemukan oleh konsumen. Tak hanya itu, penurunan omzet yang sangat drastis pun bisa dihindari.

Sayangnya, mengelola toko online di banyak platform sekaligus sangat melelahkan. Anda harus meluangkan banyak waktu, tenaga, serta pikiran untuk mengelola semua akun marketplace. Namun sekarang sudah hadir aplikasi manajemen akun marketplace bernama Crinoid.

Aplikasi tersebut memungkinkan pelaku usaha mengelola semua akun marketplacenya hanya di satu tempat. Berkat aplikasi tersebut, Anda tetap bisa mendapatkan banyak pelanggan di beberapa  marketplace sekaligus tanpa harus bekerja lebih keras.

Crinoid juga telah dilengkapi dengan fitur lock price. Fungsinya yaitu untuk melakukan pengubahan harga. Cukup dengan satu kali klik, harga produk di semua marketplace Anda akan mengikuti perubahan tersebut. Sangat mudah, bukan?

Tak perlu berpikir lebih lama, ayo dapatkan aplikasi manajemen akun marketplace, Crinoid, sekarang juga. Aplikasi sederhana ini akan sangat membantu Anda menangani toko online di marketplace.

Tahukah Anda bahwa Bhinneka.com tidak hanya menyediakan produk berupa aplikasi? Platform marketplace yang satu ini juga merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja kebutuhan usaha Anda. Ada harga khusus untuk pembelian dalam jumlah besar. Ayo, kunjungi Bhinneka.com sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.