Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak

Sudahkah anak Anda cuci tangan pakai sabun? Anak-anak merupakan usia yang sedang produktif dimana perkembangan dan pertumbuhanya berjalan dengan cepat. Selain itu anak-anak juga suka bermain dengan teman sebayanya di luar ruangan seperti bermain di lapangan yang basah atau bermain pasir jika ada tetangga yang sedang membangun rumah. Hal ini menjadi masalah serius bagi anak-anak.

 

Ketika anak Anda bermain di lapangan yang basah atau bermain di tempat berpasir. Kotoran dan kuman akan menempel diseluruh badan. Terutama bagian tangan yang dipakai untuk memegang tanah kotor dan pasir. Yang lebih miris lagi anak-anak memiliki kebiasaan untuk langsung mengambil makanan saat pulang sebelum cuci tangan menggunakan sabun. Anda bisa membayangkan bukan banyaknya kotoran dan kuman yang masuk ke dalam perut?

 

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak-anak adalah cacingan. Penyakit ini sering ditemukan pada anak-anak usia 4 hingga 14 tahun. Cacingan diakibatkan karena telur cacing yang masuk ke dalam perut melalui tangan yang kotor atau kuku yang kotor. Anak yang menderita cacingan biasanya akan mengalami kekurangan gizi karena karbohidrat dan protein pada makanan di ambil oleh cacing dalam perut. Lebih parahnya lagi cacingan juga dapat mengurangi tingkat kecerdasan pada anak. Untuk melindungi anak dari masalah tersebut biasakan anak-anak untuk cuci tangan pakai sabun sejak mulai dari dini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.