Doa Khusus Setelah Shalat Tarawih yang Harus Kamu Hafalkan

Pengantin Baru, Ustaz Somad Jadi Imam Tarawih di Kampung Istrinya

Pada masa Nabi Muhammad SAW, shalat tarawih dilaksanakan sama seperti shalat sunnah biasa. Namun, yang menjadi pembedanya terdapat pada niat. Nabi Muhammad SAW mengerjakan shalat tarawih sebanyak 8 rakaat, dengan 2 rakaat satu salam, kemudian ditutup dengan shalat witir sebanyak 3 rakaat.

Beralih ke masa Khalifah Umar bin Khattab, yang mana shalat tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat. Ditunaikan dengan 2 rakaat 1 kali salam, kemudian ditambah dengan shalat witir 3 rakaat dengan dua kali salam.

Adapun mengenai tata cara shalat tarawih seperti berikut :

  • Niat shalat tarawih : “Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala”
  • Mengucapkan takbir ketika tabiratul ihram yang diiringi dengan niat dalam hati
  • Membaca ta’awudz dan surat Al Fatihah yang dilanjutkan membaca surat pendek
  • Rukuk, itidal, sujud pertama, duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua, lalu duduk istirahat sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua
  • Bangkit dari duduk, kemudian mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama seperti rakaat pertama
  • Salam pada rakaat kedua

Bacaan Doa Setelah Selesai Shalat Tarawih

Allahummaj’ alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati fa’ilin. Wa lima ‘indaka thalibin.Wa li afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa ‘anil laghwi mu’ridiin. wa fid-dunya zhdin. Wa fil akhirati raghibin. Wa bil-qadla’I radiin. Wa lin na’ma’l syakirin.

Wa ‘alal bala’I shabirin. Wa tahta lawa’I muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irina wa ilal haudi waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin.

Wa min tha ‘amil jannati akilin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa ka’sin min ma ‘in. Ma’al ladzina an’amta ‚alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasyu syuhada’i wash shalihina wa hasuna ula’ika rafiwan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi aliman.

Allahummaj’alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas su’ada’il maqbulin. Wa la taj ‘alna minal asyqiya’il mardudin. Wa shallallahu ‚ala sayyidina muhammadin wa ‘alaihi wa shahbihi ajma’in. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Arti Doa Sholat Tarawih : “Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiba-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zaat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan,

yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad),

yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih.

Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kamu tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam“.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.