Generasi Terkini Ponsel Nokia

Generasi Terkini Ponsel Nokia

Ketika berjalan-jalan ke salah satu mal di Jakarta, minggu lalu, saya sempat mampir ke salah satu store penjual ponsel yang cukup besar dan ramai. Di store tersebut, terpampang beraneka macam ponsel pintar terkini dengan spesifikasi mumpuni, mulai dari Samsung, iPhone, hingga Xiaomi.

Di antara-ponsel-ponsel pintar tersebut, ada satu brand ponsel ternama yang menarik perhatian saya. Brand ponsel tersebut adalah Nokia. Brand Nokia ini memang sempat ramai dibicarakan karena sempat mengalami pasang surut dalam perkembangan penjualannya.

Bahkan, brand ponsel ini sempat mengalami mati suri setelah penjualan ponsel pintarnya yang menggunakan OS Windows Phone sempat kalah bersaing dengan brand-brand ponsel lain yang menggunakan Android maupun Apple.

Teman-teman pasti penasaran kan seperti apa sih ponsel-ponsel terkini yang dijual oleh Nokia, setelah mati suri? Apalagi masalah harga, teman-teman pasti ingin tahu berapa harga nokia 3, harga nokia 6, hingga harga nokia 8. Sedikitnya saya akan mencoba membahasnya di dalam artikel ini.

Sebelum masuk ke daftar ponsel-ponsel Nokia terbaru setelah bangkit dari mati suri, saya akan sedikit menggambarkan sekilas perjalanan atau perkembangan Nokia dari pertama kali keluar hingga sebelum mati suri.

Nokia merupakan salah satu perusahaan ponsel yang terbesar selama ini.  Perusahaan yang berpusat pada kota Espoo di Finlandia ini pertama kali berdiri pada tahun 1865. Perusahaan ini pada awalnya merupakan perusahaan penggiling pulp.

Memasuki tahun 1967, Nokia kemudian berubah haluan menjadi perusahaan yang mengurusi dan memproduksi telepon dan telegraf. Pada 1990-an, Nokia mulai memperkenalkan ponsel-ponselnya. Tentunya bukan ponsel pintar seperti sekarang ini ya. Ponsel-ponselnya laku dan berkembang pesat di pasaran. Bahkan, jika dihitung hingga sekarang ini, Nokia sudah mengeluarkan 2.100 jenis ponsel. Banyak sekali bukan?

Nokia mulai merambah ke pembuatan dan pemasaran ponsel pintar pada kisaran 2010. Pada saat itu, Nokia mengeluarkan serinya yang disebut dengan nokia Asha. Misalnya saja Nokia Asha 306, Asha 305, Asha 310, Asha 311, maupun Asha 501. OS yang digunakan oleh Nokia ini adalah OS Asha sendiri yang dibuat oleh Nokia.

Namun, respons terhadap ponsel ini kurang baik, karena spesifikasi kurang bagus dan kurang diminati. Kemudian, setelah seri Asha, Nokia mengeluarkan seri Lumia. Pada seri ini, Nokia telah diakuisisi oleh Microsoft. Seri ini pun bukan seri yang cukup moncer dalam perkembangan Nokia. Karena kalah populer dan kurang diminati, Nokia Lumia pun akhirnya diberhentikan produksinya. Setelah ini pun Nokia sempat memberi pengumuman bahwa mereka berhenti dalam memproduksi ponsel.

Layaknya bangkit dari kubur, tiba-tiba Nokia keluar dan memproduksi ponsel kembali setelah akhirnya memutuskan untuk memakai OS Android. Apa saja ponsel Android keluaran Nokia ini? Berikut ulasannya.

  1. Nokia 2

Nokia 2 adalah tipe paling rendah yang dikeluarkan Nokia setelah memakai OS Android. Tipe ini memiliki layar sebesar 5 inchi dengan resolusi 720×1280 pixels. CPU yang digunakan adalah Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7. Kamera utama ponsel ini 8 MP dan kamera depannya 5 MP. Ponsel ini memiliki Memory 8 GB dan Ram 1 GB. Walaupun demikian, ponsel ini sudah menggunakan Android Nougat dan bisa diupgrade ke Android terbaru (Oreo). Harga di pasaran berkisar Rp1.499.000.

  1. Nokia 3

Nokia 3 adalah seri yang sedikit lebih baik dari Nokia 2. Spesifikasinya hampir sama, hanya saja karena Nokia lebih dulu keluar, ia menggunakan CPU Quadcore 1.3 GHz Cortex –A53 dan kapasitas baterai hanya 2630 mAh. Namun, untuk ukuran memori dan kamera ponsel ini lebih baik. Nokia 3 memiliki ROM 16 GB dan RAM 2GB. Sementara kameranya 8MP utama dan 8 MP depan. Harga barunya sekitar Rp1.899.000.

  1. Nokia 5

Nokia 5 juga salah satu tipe ponsel yang keluar bersamaan dengan Nokia 2. Tipe ini memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan Nokia 6. Hanya saja beberapa aspek lebih rendah seperti kamera 13 MP utama dan 8 MP sekunder serta layar yang hanya 5.2 inchi. Harga baru di pasaran berkisar Rp2.899.000.

  1. Nokia 6

Nokia ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Nokia 5. Hanya ada beberapa yang sedikit di atas. Misalnya kameranya yang mencapai 16 MP utama dan 8 MP sekunder. Selain itu, layarnya 5.5 inchi dengan resolusi 1080×1920 pixels. Harga di pasaran sekitar Rp3.299.000.

  1. Nokia 8

Sejauh ini, Nokia 8 adalah ponsel yang paling baru dan mempunyai spesifikasi paling tinggi di antara beberapa Nokia yang menggunakan OS Android. Ia menggunakan CPU Octa-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo). Memorinya mencapai 64 GB dan RAM 4GB. Meskipun demikian, ada beberapa spesifikasi di bawah Nokia 6, seperti kamera utama yang masih 13 MP dan layar sebesar 5.3 Inchi. Harga di pasaran sekitar Rp6.499.000

Tinggalkan Komentar Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.