Hal yang Harus diperhatikan saat Anak Terlalu Banyak Beraktivitas Diluar Rumah

Banyak orang tua yang sudah mengetahui pentingnya aktivitas diluar ruangan untuk pertumbuhan anak baik secara mental maupun fisik. Akan tetapi tak sedikit anak yang lebih memilih tetap berada di dalam rumah dan lebih memilih bermain game di depan komputer dibandingkan berlari-lari dibawah sinar matahari. Beruntunglah para orangtua yang anaknya menyukai kegiatan diluar ruangan karena memberikan lebih banyak dampak positif bagi tumbuh kembang anaknya hingga ia dewasa. Namun ada hal penting yang harus diperhatikan terutama jika anak merupakan tipe hiperaktif.

Bagi anak yang selalu ingin berada di luar ruangan dan tidak bisa diam, yang harus anda perhatikan adalah asupan makan sang anak. Terlalu banyak bermain dan meninggalkan rumah dapat membuat anak lupa waktu dan tidak kembali ke rumah untuk jangka waktu yang lama. Bisa jadi anak melewatkan makan siang dank arena terlalu asik bermain ia sampai tidak merasakan rasa laparnya. Oleh karena itu, buatlah perjanjian dengan anak untuk selalu pulang saat waktu jam makan siang. Atau buatlah bekal untuk anak dari rumah sehingga ia tidak perlu membeli makan diluar yang tidak terjamin kebersihannya.

Menjaga pola makan anak penting terutama saat ia masih berada pada fase tumbuh kembang anak. Kelebihan energi yang dikeluarkan akibat aktivitas fisik tinggi bersamaan dengan kurangnya asupan makanan dapat membuat anak mengalami kurang gizi dan berat badan kurang. Sesuaikan asupannya dengan tingkat aktivitasnya agar kebutuhan gizi untuk proses pertumbuhan anak seimbang.

Selain itu perhatikan kondisi fisik anak, hal ini berhubungan dengan pertumbuhan anak yang sehat. Usahakan ia mendapat cukup istirahat agar tidak mudah terserang penyakit. Jika ia sudah terlalu lama berada di luar rumah, jangan ragu untuk menyuruhnya berhenti dan beristirahat agar tubuhnya tidak kelelahan. Anak tidak akan mampu menyadari tubuhnya lelah atau tidak karena ia akan merasa asyik sendiri saat menjelajahi dunia luar dengan teman-temannya. Maka tugas orang tualah untuk menyadari rambu-rambu anak sudah terlalu lelah akibat aktivitas berlebih untuk mencegah anak terserang penyakit. Sebab kondisi fisik yang terlalu lelah dapat menyebabkan menurunnya sistem imunitas tubuh anak.

One Comment

Leave a Reply

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.