Ini Dia 3 Cara Mendapatkan Bitcoin

Mungkin anda sudah mendengar tentang mata uang digital Bitcoin (BTC) yang sedang ngehits saat ini? Dan anda juga sudah mendengar seberapa tinggi perubahan harga Bitcoin? Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan Bitcoin ini? Perlu anda ketahui bahwa Bitcoin ini seperti kartu kredit (alat pembayaran) + emas digital + internet. Jadi, untuk mendapatkan Bitcoin ini bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu :

  • Anda menerima Bitcoin dari orang lain
  • Anda membeli Bitcoin
  • Anda menambang /mining Bitcoin

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu-persatu!

  1. Anda Menerima Bitcoin Dari Orang Lain

Pada prinsipnya Bitcoin ini merupakan mata uang digital, sehingga anda bisa menerima Bitcoin dengan cara menukarkan jasa (layanan) atau produk (barang). Misalnya, anda memiliki toko online yang menjual sepatu dan menerima pembayaran melalui Bitcoin. Lalu pertanyaannya jika anda memiliki Bitcoin, dimana tempat menyimpannya?. Jawabannya adalah anda bisa membuat dompet Bitcoin di platform (apps) penyedia layanan Bitcoin dan menggunakan Bitcoin Wallet Address (alamat dompet Bitcoin).  Jika diibaratkan perdagangan konvensional, anda harus memiliki rekening Bank. Kalau tidak ada rekening Bank mau ditransfer kemana? Begitu juga dengan Bitcoin, mau ditransfer kemana jika tidak ada Bitcoin Wallet Addres?

  1. Beli Bitcoin Dari Platform Jual Beli Bitcoin

Selain bisa menerima dari orang lain, anda juga bisa membeli serta menjual Bitcoin melalui broker. Dan cara kerjanya juga sangatlah sederhana, persis seperti money changer. Namun bedanya, mata uang yang anda beli adalah Bitcoin dan pembeliannya dilakukan secara online. Anda juga bisa menemukan orang yang ingin membeli Bitcoin pada platform jual beli. Contohnya Background hijau, price 109.001.000 amount 0,006972 atinya : ada orang yang ingin membeli Bitcoin di harga Rp109.001.000 sebanyak 0,006972 Bitcoin. sedangkan Background merah, price 109.002.000 amount 0,782295 artinya : ada orang yang ingin menjual Bitcoin di harga Rp109.002.000 sebanyak 0,782295 Bitcoin.

  1. Menambang Bitcoin Atau Bitcoin Mining

Selain cara diatas, untuk mendapatkan Bitcoin juga bisa dilakukan dengan cara menambang atau mining. Memang cara mining Bitcoin ini tidaklah mudah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Bitcoin merupakan suatu sistem kas global yang besar. Dimana sistem tersebut merekam dan menyimpan riwayat transaksi dari satu orang ke orang lain. Jadi, saat Bitcoin diproses di dalam jaringan, artinya Bitcoin sedang dipindah dari satu orang ke orang lain. Dan proses perekaman tersebut dilakukan oleh pihak ketiga. Disini pihak ketiga tersbut akan berperan untuk memastikan semua transaksi telah direkam dengan benar dan sistem kas tersinkronisasi di seluruh dunia. Perlu diketahui bahwa proses tersebut tidak dilakukan oleh individu/perusahaan, akan tetapi oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Dan komputer tersebut dikenal sebagai miners atau penambang. sehingga komputer-komputer tersebut dinami komputer yang memproses transaksi. Transaksi yang dilakukan oleh komputer tersebut membutuhkan proses perhitungan yang kompleks. Sehingga ada biaya-biaya operasional yang harus dibayar dengan harga yang cukup besar. Dan mereka mendapatkan kompensasi dari seluruh usaha serta uang modal guna mendukung sistem jaringan mining Bitcoin. Selain itu, para penambang juga juga akan mendapatkan Bitcoin baru sebagai penghargaan atau insentif dikarenakan telah mendukung proses transaksi. Dengan sistem Bitcoin mining ini, biaya untuk sistem global dibagi ke ribuan komputer. Dan para penambang menutup biaya operasionalnya dengan menggunakan Bitcoin yang baru ditambang.

Mungkin itu saja informasi kali ini tentang Bitcoin, dan anda bisa mencoba untuk menggunakan Bitcoin ini supaya transaksi anda semakin mudah dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.